BREAKING NEWS
Search

Pernapasan Diafragma, dan Hati-hatilah dalam bernyanyi.



Oleh : Anselmus Gobai.
Foto : Ist doc/A.G/KM

Kerinduan, kesakitan, keduka citaan, kepergian, kerantauan dan berbagai macam problem dalam hidup  manusia biasanya di tularkan lewat nyanyian- nyanyian/lagu- lagu.

Berdasarkan bakat  dan kemampuan yang dimiliki seseorang  untuk bernyanyi sehingga berbagai cara yang dilakukan seorang penyanyi agar suaranya merdu dan enak di dengar oleh para pendengar berbagai lapisan masyarakt. Maka, orang tersebut berusaha keras untuk melati  nada - nada lewat berbagai cara salah satunya yaitu, pengaturan vokal lewat pernapasan. 

Disisi ilmu biologi kata pernapasan dapat dikelompokan menjadi  tiga bagian, yakni : penapasan dada, perut,dan diafragma.apa makna dan arti yang sebenarnya tentang pembangian pernapasan tersebut yang dapat di gunakan oleh para hobbywan dan hobbywati untuk melatih suara suara yang mereka miliki.

Jika kita mengunakan pernapasan dada, maka cocok untuk mengunakan nada nada rendah, tetapi penyanyi mudah lelah. Pernapasan perut,dapat digunakan udara untuk bernapas lebih cepat habis dan ini kurang cocok di gunakan dalam menyanyi sebab penyanyi cepat lelah dan soak, sedangkan pernapasan diafagma merupakan suatu pernapasan dimana yang paling cocok digunakan untuk bernyanyi, karena udara yang di gunakan akan  mudah di atur oleh pemakaiannya,dan juga mempunyai power dan stabilitas vokal yang baik untuk di nyanyikan.
 
Orang bernyanyi karena hatinya gembira maka bersusah panyah dan berjuang dengan gigih untuk menciptakan lagu lagu  lewat pengalaman  yang di alam dalam  kehidupan sepanjang masa.

Tetapi hati hati loh, banyak orang belum mengerti tentang apa itu makna dan arti  lagu yang sebenar yang dapat di terbitkan/populerkan dilapisan kalangan masyarakat itu sesuai pengalaman hidup ataukah tidak, ini merupakan suatu pertanyakan yang dapat kita terintroveksi diri  dimanapun dan kapanpun kita berada.

Kenapa penulis katakan demikian sebab,karena peribahasa kuno mengatakan ''yang bernyanyi dengan baik, berdoa  dua kali" jadi jika kita asal asalan/ikut ikutan menerbitkan,mempromosi /mempopulerkan lagu lagu yang tidak sesuai dengan pengalaman Hidupnya maka,akibatnya kita sendiri yang dapat di tuai kemudian hari dalam hidup.

Maka penulis sarankan kepada para hobbywan dan hobbywati penyanyi, ini  bukan untuk mengkritik anda tetapi kebaikan kita bersama demi hidup, karena berdasarkan pengamantan penulis semakin hari semakin berkurang penyanyi penyanyi kita disebabkan karena asal- asalan menerbitkan lagu lagu yang tidak sesuai dengan arti dan makna dalam hidup.

Bererhati - hatilah menerbitkan lagu - lagu yang tidak sesuai  dengan pengalaman hidupnya Lagu adalah senjata yang dapat di tembak oleh siapapun secara diam - diam.

Penulis Adalah,Anggota Paduan Suara Gema Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta.


















TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pernapasan Diafragma, dan Hati-hatilah dalam bernyanyi.