BREAKING NEWS
Search

Orang Papua disana seperti itu ?? Tanya Mas Jowo yang usianya 65th.

"Perbuatan-perbuatan salah adalah biasa bagi manusia, tetapi perbuatan pura-pura itulah sebenarnya yang menimbulkan permusukan dan pengkhianatan (Johan Wolfgang Goethe)"

Photo Doc.Prib/Gobai/KM


Hari  jumat pagi ,(05/09 ) pekan lalu, dipagi hari kerja menratakan halaman kos dengan batu batako yang baru di bongkar hingga sebagai lapangan terselesai karena bukan kekuatan dan kehebatan dari saya melainkan kekuatan dan bantuan dari Tuhan sehingga dapat terselesai dengan baik.

Waktu tidak terasa menujunkan pukul 12.00 WIB , Diriku juga mulai terasa kelaparan ,aku berhenti kerja dan menuju kos untuk membersikan diri dari kotoran debu, pada tubuhku.

Setelah membersikan badanku aku bergegas menuju tempat makan yang tidak jauh dari kos aku ,aku memesan  semangkok Mie ayang segelas minuman es teh.

Tempat makan kulihat enam orang/warga yang sedang nongron disitu, lalu aku pun bergabung dengan mereka dan nongkrong bersama mereka. Sementara menunggu mie yang aku pesan tadi.

Bapak tua yang berumur 65 tahun yang duduk bersama kami, ia mulai bertanya kepada aku “Berdasarkan penglihatan aku, Mahasiswa Papua yang sedang kuliah dijawa ini, biasanya tukan mabuk dan tukan bawa perempuan, apakah orang Papua disana seperti itu, ataukah ini pengaruh dari luar ataukah ini budaya orang papua asli. “ujar  

Langsung aku tanggapi apa yang dikatakan bapak tua itu.

“Bapak, mohon maaf ,ini bukan budaya orang Papua, minum - minuman ini sudah jelas punya budaya negara asing, termasuk indonesia, sehingga mahsiswa- mahasiswa  anak negeri Papua sangat mempengaruhi perkembangan budaya asing ini, sehingga banyak yang terjerumus dalam hal itu seperti Bapak katakan,  tetapi jangan salah ,tidak semuanya seperti itu, mengapa ? satu atau dua orang minum secara umum nama Papua yang kena, sehingga orang orang jawa yang berdomisili disini merasa bahwa orang Papua adalah orang - orang yang tukan mabuk dan lain sebagainya.

karena orang Papua adalah orang - orang  yang meiliki suatu kesamaan yakni hitam kulit keriting rambut sehingga masyarakat setempat merasa bahwa satu salah semuanya salah karena persamaan ciri body orang papua yang sama. Itu salah menapsirkan masyarakat perlu belajar yang lebih banyak untuk mengenali orang jangan asal tebak kesana kemari. 

Jadi pak intinya, tidak semua orang papua seperti itu, mungkin yang mabuk juga punya alasan karena, tundanya kuliah atau meninggalnya orang tua, saudara saudari, atau tidak mampu membiayai kuliah sehigga banyak permasalahan yang muncul dirinya sehingga salah satu jalan keluarnya yakni minum mabuk agar tujuannya supaya menghilangkan rasa kesedian dan kebebangan dirinya

Jadi, jangan asal menyangka sebelum ada pembuktian, dan sebelum ada kenyataan jangan di publikasikan. (Anselmus Gobai/KM)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Orang Papua disana seperti itu ?? Tanya Mas Jowo yang usianya 65th.