BREAKING NEWS
Search

IPMANAPANDODE JOGJA-SOLO MENGADAKAN SEMINAR SEHARI


Foto Doc Ist/Km/ saat kegiatan berlangsung di Aula Asrama Kamasan 1 Yogyakarta.


Yogyakarta. Kabar Mapegaa, Sabtu 02/11 Badan koordinator Pendidikan  Ikatan Pelajar dan Mahasiswa  Nabire, Paniai, dogiyai, Dan Deiyai  Kota studi Yogyakarta – Solo mengadakan seminar sehari   mulai pukul 09.00 s/d  11.30 WIB ,bertempat Asrama Kemasan 1  Jl.Kusumanegara Yogyakarta.

Dalam kegiatan seminar sehari tersebut dihadiri  sebagian peserta/ anggota IPMNANAPANDODE  sebanyak 30 orang dengan metari “Pentingnya Organisasi”  Pemateri  Aser Yeimo yang juga sebagai wakil Ketua IPMANAPANDODE dan Materi kedua “Adaptasi Lingkungan”  Pemateri  Emanuel  Gobai, SH.

Melihat perkembangan  dan pemekaran yang meraja lela sehingga  membuat pemecahan antara kita daerah Suku Mee yang terpisah-belah  menjadi 3 daerah , yakni Kab Paniai ,Kab Dogiyai dan Kab Deiyai . Pemekaran yang berawal dari kabupaten nabire, yang seakan membawa ego darerah masing.   Kehadiran Ipmanapandode  yang mempersatukan kami mahasiswa –mahasiswi  Papua  yang berasala dari empat daerah tersebut.  Maka kita berlajar  untuk  menjaga persatuaan , kekeluargaan dan rasa memiliki terhadap ikatan kita  ini (IPMANAPANDODE).  Ujar Aser  dalam Pengatar materi.

Dalam materi tersebut Aser kembali mempertegas fungsi dan peranan sari semua koordinator- kordinator yang terdapat dalam organisasi , dan bagaimana cara berorganisasi yang baik sesuai etik yang ada.

Lanjut  lagi dengan seminar kedua yakni adaptasi Lingkungan, dalam materi adaptasi tersebut dibagi dalam tiga kelompok besar yakni yang pertama pengenalan masyarakat/lingkungan, pengenalan diri kita, dan pengenalan kampus.

Sebelum masuk ketiga hal dari pada itu Bapak Emanuel Gobai mengajak kepada seluruh peserta yang hadir dalam seminar tersebut untuk merefresikan diri untuk mengigat kembali ke Papua, persoalan persoalan apa saja yang sedang terjadi di Tanah Papua.

Sebab semua masalah itulah yang menjadi agenda dan akan singkron dengan pembahasan kita pada saat ini. Kami sebagai mahasisa papua akan kembali ke papua dalam konteks itu, akan temukan siapa kita dari mana kita, dan kemana kita pergi setelah selesaikan kuliah disini. Ujarnya.

Pertama, pengenalan lingkungan/ masyarakat ,Orang  Jawa (yogya)  sudah tahu kami orang Papua sejak tahun 60puluan semenjak pelepasan tanah sultan kepada tanah papua untuk menjadikan asrama untuk  mahasiswa papua menempuh study disini.

Kedua, Pengenalan diri kita, lebih terarah ke siapa saya dan darimana saya, untuk apa saya disini, berapah lama target waktu aku disini , dan apa yang harus saya lakukan

Ketiga,Pengenalan kampus , mengenal dosen dan cara mengajarnya, aktif dalam kelas dan lebih focus untuk saat materi, dan membagi waktu.

Pantauan kabar mapegaa. Kegiatan seminar berlangsung sesuai dengan agenda hanyaa saja waktu yang tidak tetapi oleh peserta dalam menyukseskan kegiatan tersebut sehingga dapat dilanjutkan  pukul 9.30 WIT  .

“Hidup Itu Pilihan, Dengan Demikian Maka Tetapkan Pilihan Yang Tidak Merepotkan Diri, Namun Sangat Berguna Bagi Bangsa Dan Tanah Papua.” By Kak Ego.(Kudiai,M/KM)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “IPMANAPANDODE JOGJA-SOLO MENGADAKAN SEMINAR SEHARI