BREAKING NEWS
Search

Perkembangan Situasional Mempengaruhi hidup Keimanan Generasi Muda Agadide: Kelompok Syaring IKAPPMMA, Gelar

Frater YanceYogi, Sedang Membuka Pembicaraa
Kelompok Syering
Foto :Damianus Bunai/KM
Jayapura, (KM)—Kelompok Syering Kerohaniaan di bawah garis kepemimpinan Badan Pengurus Ikatan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa dan Masyarakat Agadide (IKAPPMMA) telah menggelar diskusi bebas dengan topik utama Perkembangan Situasional yang mempengaruhi Kehidupan Generasi muda katolik Paroki Kristus Jaya Komopa, Paniai, Papua, Sabtu (15/11/14) kemarin di Silva Griya, Belakang Asrama Haji, Kotaraja Luar, Jayapura, Papua.

Perkembang yang terjadi pada zaman sekarang adalah perkembangan yang membawa generasi di situasi yang tidak menguntungkan, tetapi merugikan.  Tertutama Generasi muda/i Agadide yang secara kontinu tidak memikirkan akan hal yang positif tetapi kebanyakan memikirkan pada hal negatif. Akibat dari itu, generasi agadide tetingggal akan persoalan yang sedang terjadi. Tertuama masalah kerohanian dan keimanan menggereja kekatolikan.

“masalah ini terjadi pada generasi Meuwodide. Khususnya pada generasi Agadide di Paroki Kristus Jaya, komopa, paniai, Papua,”kata Bapak Pewarta, Fransiskus Bunai, Paroki Kristus Jaya komopo, Paniai, Papua dalam pengantar sebelum mulainya kegiatan syaring dan ebagai pembuka kegiatan syering kelompok.

Bapak Bunai mengatakan, anak muda sekarang sudah lupa akan budaya yang menjadi adat-istiada, misalnya. Sebenarnya malalah itu, yang harus dipegang dan harus menjadi  budaya yang secara dejure  serta diresmikan dari generasi ke generasi,”tegasnya.

Sementara, Natalia Yogi, SE dalam diskuasi bebas mengatakan, saya sangat senang dengan hadirnya kelompok syering kerohanian ini. terutama adanya pembukaan kelompok syering khususnya KMK Agadide yang barus saja dibentuk. Bukan baru dibentuk tetapi sudah lama ada namun, tidak diteli dan tidak diperbeharui KMK itu,”imbuhnya.

“dengan adanya kelompok ini  kita harus belajar secara arif,”ajaknya.

Sedangkan, Niko bunai mengatakan, di Agadide bukan hanya ada generasi muda katolik tetapi juga ada generasi muda prostestan. Maka, dengan hadirnya kelompok syering ini merupakan sebuah pembelajaran untuk mewujdukan harapan yang kita cita-citakan. Karena menurutnya, dengan kelompok ini agar kita menekuni keimanan kekatolikan secara utuh,”harapnya.
“maka, mari kita saling membagi dan melengkapi kelebihan yang kita meiliki tertuma masalah pada menggereaja. Contoh : Nyayai lagu, (Not-Not), musik (gitar),’katanya.

Sedangkan damianus Bunai hampir senada dengan nikolaus bunai mengatakan, kita harus kembangkan wadah yang tempo hari telah dibentuk. Karena menurtnya, dengan adanya wadah ini merupakan sebuah pembejaran dalam mengenal keimanan menggeraja,”tambahnya. (Alexander Gobai/KM)




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Perkembangan Situasional Mempengaruhi hidup Keimanan Generasi Muda Agadide: Kelompok Syaring IKAPPMMA, Gelar