BREAKING NEWS
Search

Keluarga besar Kabar Mapegaa : Mengucapkan Selamat Memperingati HUT 53 Tahun Bangsa Papua Barat.




Ilustrasi : Desain-Kabar Mapegaa.
Rasa peduli atas hari kemerdekaan bangsa Papua Barat, yang mana telah manipulasi saat PEPERA berlangsung.
Ketika Papua Barat masih menjadi daerah sengketa akibat perebutan wilayah antara Indonesia dan Belanda, tuntutan rakyat Papua Barat untuk merdeka sebagai negara merdeka sudah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.  Memasuki tahun 1960-an para politisi dan negarawan Papua Barat yang terdidik lewat sekolah Polisi dan sebuah sekolah Pamongpraja (Bestuurschool)  di Jayapura (Hollandia), dengan mendidik 400 orang antara tahun 1944-1949 mempersiapkan kemerdekaan Papua Barat. Baca selanjutnya di

01 Desember adalah hari kemerdekaan Negara west papua yang telah dideklarasikan oleh rakyat bersama intelek-intelek Papua Barat dalam dewan new guinea Raad pada tahun 1961 di holandia (sekarang Jayapura).

Dengan memperingati HUT ke-53 ini api kebangkitan nasional I yang pernah terjadi di Tanah Papua ini tidak padam, terus menyala sampai hasil Proklamasi Kemerdekaan 1 Juli 1971 benar-benar dinikmati oleh seluruh rakyat West Papua.

Tahun ini (2014), tepat 53 tahun pendeklarasikan yang di maksud, namun kemerdekaan itu hanya bertahan 18 hari dan dirampas oleh Indonesia dengan dikumandangkannya TRIKOMANDO di alun-alun utara kota jogyakarta oleh presiden pertama Indonesia, Ir Sukarno.
Sejak itu juga, pelanggaran hak asasi manusia (HAM) mulai terjadi di bumi cenderawasih hingga detik ini.

Tuntutan rakyat Papua barat untuk merebut kembali kemerdekaan west papua sejak 1961 hingga detik ini pun terus bergema di seantero bumi cendrawasih, di luar papua dan bahkan hingga di luar negeri.

Peringatan 53 tahun kemerdekaan west  papua 1 desember 2014  di lakukan oleh bangsa Papua di seluruh tanah air, di luar Papua yang berada di luar Negeri. Bagi kita yang berada di jawa dan bali, acara peringatan akan koordinir oleh Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dan tempatnya dipusatkan satu titik di Jakarta. Peringatan dilakukan  dilakukan dalam bentuk aksi demo damai.

Semoga para leluhur bangsa Papua, para pahlawan yang telah gugur di medan perjuangan, para tua-tua adat dan Kepala Suku Perang di seluruh pulau New Guinea menyertai kalian semua dalam perjuangan di Vanuatu, di Tanah Air West Papua dan di rimbaraya New Guinea. Mahasiswa Papua di luar Papua, dan Mahasiswa sejawa dan Bali di Jakarta./Admin.




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Keluarga besar Kabar Mapegaa : Mengucapkan Selamat Memperingati HUT 53 Tahun Bangsa Papua Barat.