BREAKING NEWS
Search

Globalisasi Membawah Dampak yang Besar Terhadap Anak-anak Papua.


 
With Myfriends in the classroom













Oleh : yerry kogopa.

Dengan adanya pengaru  globalisasi maka anak-anak papua harus di perhatikan dengan serius.

Karena dengan adanya globalisasi, maka  ada banyak dampak/efek yang besar terhadap perkembangan imajinasi anak –anak papua untuk kedepan. 
Oleh karena itu ada berbagai elemen yang harus di perhatikan dengan serius yaitu : dunia pendidikan  dunia technology modern dan pengaru budaya/ bahasa.

1.Pendidikan

Skala Pendidikan di papua masih rendah. Karena sementara, di jawa masih menggunakan kurikulum baru,papua masih menggunakan kurikul lama aneh sakli,berarti system  Indonesia masi memperbodokan kita orang papua.Maka, tugas utama dari  Dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi papua adalah mendesak terhadap pemerintah pusat bahwa, papua juga harus di prioritaskan pendidikan yang layak di  ajarkan  terhadap anak-anak papua,supaya papua juga bisa bersaing dengan Negara lain.

2.Teknology modern.

Dengan adanya globalisasi perkembangan technology di papua suda merajalelah di seluru pelosok papua.kita tahu bahwa technology modern  membawa dampak yang positif  dan juga negative ,boleh saja,kita menggunakan tetapi perlu di telusuri terlebih dahulu. Oleh karena itu anak-anak papua harus di perhatikan baik oleh orang tua. karena  membawa anak ke arah yang baik ada di tangan orang tua.

3.budaya /bahasa.

Ada beraneka ragam bahasa dan budaya di papua yang suda di wariskan dari nenek moyang dan sekarang juga masih ada.Tetapi dengan adanya pengaru globalisasi ini , ada banyak budaya papua yang telah lupa dan hilang seperti contohny koteka dan moge sedikit  orang saja yang masih menggunakan oleh orang paniai pada saat ini,dan  sudah sebagian banyak orang menggunakan baju moderen. 
Oleh karena itu, kita harus mempertahankan budaya/bahasa  papua.Karena jika kita memperhatikan budaya kita,maka  kita slalu kaya untuk salamnya.

Oleh sebaba itu, kita sebagai orang papua yang punya akal budi yang sehat, mari kita melihat kembali perkembangan papua saat ini,dan kita terarahkan anak –anak papua  ke arah  yang lebih baik. karan tolak ukur pembangunan papua kedepan ada pada generasi mudah papua.

Penulis di Media Online Kabar Mapegaa (KM). 


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Globalisasi Membawah Dampak yang Besar Terhadap Anak-anak Papua.