BREAKING NEWS
Search

Ini 6 Permintaan Pemerintah Kepada Freeport


Freeport Indonesia.

Jakarta, (KM)— Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sukhyar,  mengatakan ada enam poin yang diminta pemerintah,”katanya, Kamis (08/01/15) seperti yang dirilis di tribunnews.com kemarin.

Pertama, Freeport harus mengubah sistem manajemen perusahaan agar lebih independen dalam pengambilan keputusan.

Kedua, pemerintah ingin ikut menempatkan wakilnya  dalam jajaran direksi Freeport.  Meski saat ini hanya memiliki 9,36 saham di Freeport,  ke depan, Indonesia akan memiliki 30% saham Freeport saat  kewajiban divestasi dijalankan Freeport.  "Direksi ini menjadi cermin Indonesia sebagai salah satu pemegang saham.

Ketiga, selain membangun smelter di Gresik, Freeport juga harus bersedia membangun smelter di Papua.

Keempat perusahaan tersebut harus menyediakan dana khusus berupa corporate social responsibility (CSR) untuk masyarakat sekitar tambang.

Kelima Freeport juga harus meningkatkan penggunaan produk dari dalam negeri, sebesar 5% tiap tahun. Saat ini, dari belanja barang dan jasa serta belanja modal yang mencapai US$ 1 miliar per tahun di PT Freeport, baru 40% yang untuk barang lokal.

Keenem Freeport juga harus membenahi sistem keamanan operasi tambang agar kecelakaan kerja tak terulang lagi. "Poin ini akan kami masukkan dalam amandemen kontrak,"  ujarnya. Saat ini, tim kecil di Kementerian ESDM tengah merumuskan amandemen kontrak itu.

Sementara Jubir Freeport Indonesia Daisy Primayanti, seperti yang dirils di tribunnews.com, mengatakan  memilih irit untuk membagi jawaban atas permintaan Pemerintah Indonesia.(AG/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ini 6 Permintaan Pemerintah Kepada Freeport