BREAKING NEWS
Search

Karakter Mencerminkan Kepribadian

Foto : Stepanus Atoudapa Gobai/KM
Oleh : Stepanus Atoudapa Gobai

Opini, Kabar Mapegaa--Karakter atau watak adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari dengan yang lain. Karakter mencerminkan kepribadian dari seseorang sekaligus membedakan antara orang tersebut dengan orang lain.

Orang yang memiliki karakter yang baik atau positif adalah orang yang berwatak dan kepribadiannya baik dan jiwanya dipenuhi dengan akhlak atau budi pekerti yang baik pula. Dan sebaliknya, orang yang tidak berkarakter atau mempunyai karakter negatif adalah orang yang berwatak dan kepribadiannya buruk dimana akhlak dan budi pekerti dengan menghiasi jiwanya juga buruk adanya.

Manusia  yang sukses adalah manusia yang berkarakter positif. Manusia  yang sukses adalah manusia dengan kepribadiannya yang baik. Jiwanya dipenuhi oleh akhlak atau budi pekerti yang  tercermin dalam tindakan dan perilakunya sehari-hari.

Orang yang berkarakter baik, terlihat dari cara dan sikapnya dalam berhubungan berkomunikasi, dengan lingkungan sekitarnya. Juga nampak dalam sikap dan tindakannya, saat melakukan pekerjaan atau di saat menghadapi masalah (problem) yang ditemuinya di saat menghadapi pekerjaan atau tugasnya.

Orang yang berkarakter baik akan selalu nampak dimanapun juga ia akan berada. Kepribadian baiknya akan terihat menonjol dan sesungguhnya hal ini merupakan salah satu kunci keberhasilan seseorang dalam berkarakter  positif dalam bidang atau lapangan apapun juga  dalam kehidupannya.

Oleh karena itu, terus kembangkan kepribadian Anda hingga pada akhirnya membentuk karakter Anda menjadi semakin baik adanya. Selain hal itu, membawa Anda menuju gerbang kesuksesan Anda dalam  berkarier. Hal itu, juga membawa kesuksesan Anda dalam meniti kehidupan dan diluar “ jam kantor “ Anda. Terus kembangkan karakter positif yang anda memiliki.

Stepanus Atoudapa, Alumni Yayasan Masyarakat Sejahtera Papua (YAMAS PAPUA), 2013,  Jayapura, Papua.


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Karakter Mencerminkan Kepribadian