BREAKING NEWS
Search

Seminar Sehari :Orang Asli Papua Terancam Punah karena HIV/AIDS

ilustrasi,foto saat seminar berlansung di Asrama Papua Yogyakarta.anselmus/KM.

Kabar Mapegaa-Yogyakarta.Hari ini (14/02) kegiatan dari pengurus BPH  Pendidikan (Ikatan Pelajar Mahasiswa Nabire Paniai Dogiai Deiyai) yang disingkat IPMANAPADODE,Yogya-Solo,mengadakan seminar sehari  yang berjudul Orang Asli Papua Terancam Punah ’’karena HIV/AIDS .yang di bahwakan oleh Bapak Obet Tekege sebagai salah satu Mahasiswa yang sedang kuliah di UGM dalam bidang Kesahatan di Tempat Kamasan Asrama Papua Yogyakarta.

Sesuai dengan informasi di media facebook SMS-san maupun Brosur yang akan sampaikan sebelumnya bahwa,seminar akan dilaksanakan pada pukul 9.00 WIB tetapi anggota IPMANAPADODE dengan berbagai kegiatan  di luar sehingga  waktu akan tertunda satu jam dan  dimulai pada pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Anggota yang mengikuti seminar sehari  pada hari ini berjumlah kurang lebih 29 orang mahasiswa/I Papua  yang sedang kuliah di yogja-Solo.

Orang papua  semakin hari semakin meningkatnya HIV/AIDS karena kenakalan Remaja yang berlebihan sehingga HIV/AIDS semakin berkembang luas dipapua Khususnya Meuodide.Pada hal virus ini bukan berasal  dari tete moyang kita secara genetic  tetapi ini berasal dari Afrika yang akan terpopuler sampai di daerah kita dan seakan akan penyakit tersebut menjadi budaya dalam hidup kita untuk mempertahankan dalam hidup kita sehingga saya yakin orang orang bangsa papua dalam 5 tahun kedepan akan habis terancam punah oleh penyakit tersebut.ujuarnya saat persentase berlangsung Obet Tekege.

Setelah persentase selesai dilanjut dengan Tanya jawab sesuai materi yang sudah dipaparkan.

Dengan materi ini Harapannya untuk kedepan bahwa apa yang kita mengetahui bersama sekarang ditempat ini jangan kita diam dirikan untuk kepentingan pribadi tetapi mari kita bersama sama mengingatkan kepada saudara saudara/i kita di papua seperti apa HIV/AIDS dan bagaimana cara pencegaan serta apa akibatnya bagi tubuh kita ? Tambahnya.

Saat wawancara dengan pemateri kepada www.kabar mapegaa.com bahwa degan materi yang saya bahwakan kepada IPMANAPADODE ini agar kita lebih memahami tentang HIV/AIDS agar kita boleh tahu lebih jauh tentang virus ini karena salah satu jalannya adalah membawa kematian karena belum dapat menemukan Obat untuk menyembuhkan.

Harapan harapannya bahwa :

  • kita harus bertobat diri sendiri dan memahami sebelum melangka kepada orang lain seperti apa HIV/AIDS  itu.
  • kita harus memberi pemahaman kepada saudara/I di papua saat kita Libur sesuai apa yang kita seminar bersama ini.
  • perlu ada kesadaran bahwa apakah jika saya buat ini ada manfaatnya atau tidak ?
  • kegiatan MUBER kemarin yang akan ditinggalkan oleh almarum P.Nato Gobay itu perlu ditingkatkan seperti tidak Minum minuman keras dll.Tambahnya.

Berdasarkan pantauan www.kabarmapegaa.com,seminar sehari tentang HIV/AIDS sangat berjalan dengan baik sesuai harapannya.Anselmus Gobay/KM.











TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Seminar Sehari :Orang Asli Papua Terancam Punah karena HIV/AIDS