BREAKING NEWS
Search

Stop Merusak Hutan, Sebab Hutan Adalah Paru-Paru Dunia

Yustus Muyapa.(Foto : Dok Prib/KM)
Oleh : Yustus Muyapa


Pohon bertumbuh diatas permukaan bumi, berguna untuk menjaga hasil-hasil hutan dan pohon. Sebab, hutan mengeluarkan karbon 02 yang sangat  bermanfaat bagi setiap insan manusia. 


Hutan merupakan suatu  kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan di dominasi dengan jenis pohon dan tidak dapat memisakan satu dengan lainnya. Untuk itu, manusia sangat membutukan hutan.


Dengan demikian, bagi hutan yang habis akan pepohonan, perlu direboisasi atau penhijauan kembali. Ini ditegaskan untuk wajib ditanam satu orang satu pohon.


Melihat dari pengalaman kami, bahwa setiap pohon yang berada di papua lebih khususnya di daerah-daerah sudah kehilangan pepohonan yang sebagai penahanah erosi, longsor dll. karena itu kami perna melaksanakn reboisasi di beberapa daerah Meuwodide.


Setiap hari, bulan, dan tahun, upaya untuk mengembalikan lahan hutan kosong, perlu menanam pohon yang baru agar bertumbu dan bilsa perlu dirawat dengan baik. Agar pertumbuhan pohon itu bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia. 


Setiap pohon memang beda-beda, antaranya : pohon lunak yang jangka panjang tumbuhnya, dan ada juga yang tumbuhn yang cepat dalam jangka watu dekat.


Dengan demikiam ketika ingin menebang, perlu melihat umur dari pada pohon itu sendiri. mana yang layak ditebang dan tidak. 


Penebanga pohon di tanah papua, sudah sangat banyak. Tertuma di berbagai daerah-daerah yang baru dibentuk alias pemekaran baru. Pohon habis, karena melakukan pembangunan dan dijadikan tempat pembisnis.


Kehilangan hutan berarti kehilangan kekayaan alam papua, salahnya satunya. Sebab, hutan adalah tempat sumber daya alam yang kaya akan penghasilan. Untuk itu, pohon tidak boleh tebang sembarangan, karena itu, merusak hutan. Yang akan mengakibatkan erosi, longsor dan bencana lainya.


Dengan demikian, hutan perlu dilestarikan. Sebab hutan adalah kekayaan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan dari generasi ke generasi.


Bila, hutan botak, salah satu solusi ialah perlu mereboisasi kembali secara mekanik.


Yustus Muyapa, Penulis di Media Online Kabar Mapegaa (KM)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Stop Merusak Hutan, Sebab Hutan Adalah Paru-Paru Dunia