BREAKING NEWS
Search

Salah Satu Karyawan Tambang : Menilai PTFI Tidak Tepati janji

Ribuan Karyawam PT. Freeport Menggelar Aksi Spontanitas di Mill 72,  Menuntut Pihak Manajemen PT. Freeport Agar Tidak Melakukan Perawatan Areal dan Peralatan Tambang. (Foto : Antara/KM)
Tembagapura, (KM) –Salah satu karyawan, yang diakui namanya Thomans mengatakan terjadinya aksi spontanitas itu, karena PT. Freeport Indonesia (PTFI) tidak menepatin janji dalam memberikan insiatif kepada pekerja,akhirnya mogok kerja di Tambang.

Aksi Blokade di Ridge Camp mil 72 Tembagapura, Mimika, dikatakan terkait ketidakadilan yang dilakukan Manajemen PT Freeport Indonesia dalam pembayaran insentif kepada pekerja tambang. 

"Insentif hanya diberikan untuk pekerja tambang PTFI dan perusahaan privatisasi. Sementara itu, pekerja kontraktor yang tidak ikut mogok, tak mendapat insentif. Kami yang bekerja tak dapat insentif, malah yang mogok dapat insentif," jelas Thomas kepada media yang dikutip Antara, Selasa (17/3/2015) kemarin.

Kata Thoman, Para pekerja tambang juga menuntut manajemen PTFI untuk memberikan sanksi kepada para peserta mogok kerja sesuai pedoman hubungan industrial dalam kesepakatan PKB PTFI,”katanya.

Sementara Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Patrige Renwarin, kepada Antara, mengatakan pihak managemen PT Redpath Indonesia selaku perusahaan kontraktor sudah mengajukan permohonan insentif. Namun, PTFI menolak dengan alasan bahwa PT Redpath hanya perusahaan kontraktor.

"Ratusan pekerja tambang bawah tanah PT Redpath Indonesia akhirnya bergabung dengan pekerja 7 suku ikut berunjuk rasa karena menganggap ada perlakuan tak adil kepada mereka," jelas Patrige, Selasa.

Hingga Selasa malam ratusan pekerja tambang masih terus menduduki jalan tambang di Mil 72, Ridge Camp, Distrik Tembagapura. Akibat blokade, jalur transportasi logistik dari Tembagapura Mil 68 menuju tambang Grasberg dan tambang bawah tanah di Mil 74 terputus.(Antara/001/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Salah Satu Karyawan Tambang : Menilai PTFI Tidak Tepati janji