BREAKING NEWS
Search

Seluruh DPC Kab/Kota, Meminta Kepada DPD Provinsi Papua, Ikuti Mekanisme Lembaga : Keluarkan SK DPC Kab, Sudah Di Lantik Oleh (Menteri Lembaga Gersantara)

Situasi Rapat Seluruh DPC Kab/Kota, Meminta Kepada DPD Provinsi Papua, Ikuti Mekanisme Lembaga : Keluarkan SK DPC Kab, Sudah Di Lantik Oleh  (Menteri Lembaga Gersantara). (Foto : Yosafat Muyapa/KM)
Jayapura, (KM)— Dewan Pengurus Daerah (DPD) Se-provinsi papua bersama Dewan Pengurus Cabang (DPC) kabupaten/kota se-tanah papua, telah mengelarkan, menuntut garis koordinasi lembaga untuk mengeluarkan SK  atas badan pengurus tingkat kabupaten yang telah dilantik.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan pada pukul 12.00 WIT, yang disertakan seluruh badan pengurus gerakan pembangunan provinsi papua dan seluruh badan pengurus tingkat kabupaten di tanah papua.

Menjadi yang diagendakandalam rapat tersebut, terjadi kekeliruan antara DPD provinsi papua yang berkaitan dengan pengeluaran Surat Keputusan (SK) kepada DPC , pada Rabu,(18/03/15) ditempat sekertariat DPD provinsi papua, depan SMK N 2  Sentani, Jayapura, Papua.

Salah satunya adalah kabupaten mimika, pada saat deklarasi pelantikan mutlak satu bulan yang lalu, dilantiknya Apius Kayame menjadi ketua DPC. dari Menteri  Gerakan Perubahan Nusantara (GERSANTARA) Republik Indonesia hanya sekejap saja menjadi illegal,”kata Toko Agama, pantauan dari www.kabarmapegaa.com, dalam situasi rapat.

ketua DPC kab mimika Apius Kayame mengatakan, semua ketua DPC masing-masing kabupaten yang telah dilantik dari forum terbuka di aula hotel sentani indah, yang diberdirikan itu sudah sah,”katanya.

Menurutnya, Apius Kayamem mengaku, saya sabagai ketua DPC kabupaten mimika yang sudah dilantik secara resmi,”katanya.

“sementara ini khusus untuk Kab. Mimika terjadi dualisme. Sebab, dari DPD provinsi papua memandatkan SK kepada DPC baru. Mengapa hal ini terjadi dan ini merupakan mekanisme organisasi atau tidak,”tegasnya.

Menurut dia lagi,mengharapkan kepada DPD provinsi Papua bahwa, kalau bisa, dalam waktu satu minggu ini juga, bagaimana caranya supaya, yang telah mengeluarkan SK harus membangun komunikasi. Agar, dia memposisikan dibawah ketua untuk solusi yang muda,”katanya.
   
Toko adat/kepala suku Mee di jayapura, Rupus Muyapa, mengatakan, dilihat dari konflik yang terjadi ini adalah hanya dalam struktular saja,”katanya.

Menurutnya, pada kongkrit masalahnya, ketika dalam kegiatan deklarasi pelantikan DPC masing-masing kabupaten, yang  di perdirikan muka umum untuk melantik adalah 29 orang,”jelasnya.

“Namun, dalamnya ini, ada ketua DPC baru yang sudah rekomendasikan dari pihak lembaga  DPD provinsi papua, dengan hal ini terjadi. Maka, situasi saat ini ada,”pungkasnya.

Tambahnya, memang konflik ini ada, sehingga kepada DPD provinsi meluangkan waktu rapat interen, agar mekanisme lembaga gerakan pembangunan provinsi papua akan jalan dengan baik, sampai pada polosoknya,”tambahnya.

Sementara dalam mewakili ketua DPC kabupaten nabire, Alpon Yogi, sempat menegahkan bahwa, lembaga gerakan pembangunan nusantara ini, bukan lembaga kecil. Tetapi, ini adalah lembaga besar untuk mempersejahtrakan masyarakat. untuk itu, jangan salah mengerti dalam struktular,”katanya.

Sebab, kondisi komflik terjadi hanya dengan kesepakatan kita itu sendiri. Maka, dininya ukur dengan relawan kepenting bukan beberapa orang sendiri relawan tidak tetapi masyarakat papua menjadi relawan, jadi lemaga ini bukan lemaga pisang goreng,”tegasnya,(Yosafat Mai Muyapa/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Seluruh DPC Kab/Kota, Meminta Kepada DPD Provinsi Papua, Ikuti Mekanisme Lembaga : Keluarkan SK DPC Kab, Sudah Di Lantik Oleh (Menteri Lembaga Gersantara)