BREAKING NEWS
Search

Ketua Panitia MUBES Ke-II HIPPMAP Sikapi Krisis Pendidikan Ketiga Distrik (Agadie, Ekadide, Bogobaida)


Ketua Panitia MUBES ke-II HIPPMAP, Hosea Aboki Yogi. (Foto : Dok FB/KM)
Jayapura, (KM)---Ketua panitia Musyarawa Ke-II Hosea Aboki Yogi Himpunan, Pemuda, Pelajar, Mahasiswa/i Agadide besar (HIPPMAP) Se-papua, menyikapi krisis penyebab pendidikan di ketiga distrik, (Agadide, Ekadide, Bogobaida,) Kabupaten. Paniai. 

Diskusi tersebut dilaksanakan pada pukul: 12.00 WIT yang diikuti bersama dengan beberapa intelektual, senioritas dan juga seluruh mahasiswa ketiga distrik Agadide, Ekadide, Bogobaida, yang telah berpartisipasinya.

Hosea Aboki Yogi, mengatakan, ketika melihat dengan dunia pendidikan semakin maju dan berkembang. Maka, mahasiswa sebagai alat untuk transpormator dan ujung tombak dari generasi kedepan agadide besar,”Kata Hesoa Aboki Yogi, kepada www.kabarmapegaa.com, Minggu (06/04/15) kemarin, Gubuk Jeritan Yamewa, Kopakodagi, Kotaraja Dalam, Jayapura, Papua.

Menurut dia, ketika melihat dengan pendidikan di polosok-plosok ketiga distrik sedang krisis mengapa? Faktor penyebab ini, SD,SMP,SMA beberapa angkatan yang sebelumnya tidak selenggarahkan  Ujian Nasional (UN), hal itu, harus di bicarakan,”tegasnya.

mari satukan argumen membahwa perubahan untuk memperdayakan dan menciptakan sumber daya manusia (SDM) agadide yang unggul dan kreatif demi masa depan Daerah, Bangsa, dan Negara,”ajaknya.

Tambahannya, kalau memang situasi yang terjadi dilapangan ini. Maka, kita perlu perhatikan persoalan SDM, melalui beberapa sekolah dasar (SD) dan SMP ,SMA, yang ada di ketiga distrik perlu dibutuhkan tenaga mengajar (guru) sebab, beberapa angkatan sesudahnya belum mengikuti Ujian Nasional,”Katanya.

“jika, kita membicarakan SDM. Maka, persiapan generasi ke generasi masa depan demi daerah bangsa, negara akan kemana tidak manfaatkan dalam faktor pendidikan,”Katanya. 

Yogi, menjelasan bahwa, faktor pendidikan ini sedang krisis, salah satunya, SD dauwgu SD bodatadi, dll perlu peratikan kepada pemerintah daerah kabupaten paniai dinas terkait perlu mengetahui alur garis kordinasi,”katanya.  

kita perlu  utarakan bersama melalui MUBES Ke-II bulan juni-juli  nantinya,”Pungkasnya. (Yosafat Mai Muyapa/KM)


 



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ketua Panitia MUBES Ke-II HIPPMAP Sikapi Krisis Pendidikan Ketiga Distrik (Agadie, Ekadide, Bogobaida)