BREAKING NEWS
Search

FTSP Jurusan Arsitek USTJ Gelar Seminar, Jayapura Dulu, Kini dan Esok

Kampus USTJ,Papua. Ist.goole.com
Jayapura, (KM)---Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), Jurusan Arsitek Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, (USTJ) menggelar seminar sehari yang berthemakan “Jayapura Dulu, Kini, dan Esok” Sub Thema : Peran Arsitek dalam Membangun Kota Jayapura” materi yang diberikan oleh A.herry purnomo IAI,  Jumat sabtu (02/05/15) di Aula Kampus USTJ, Padang Bulan, Jayapura, Papua.

Pemateri dalam kegiatan sehari oleh  A.Herry Purnomo IAI, yang sebagai Ketua Ikatan Arsitek Se-Indonesia mengatakan peran arsitek dalam membangun Indonesia, terutam kota di jayapura, sebagai sumber inspirasi dan budaya, usaha kekayaan dimiliki sebagai orang papua,”katanya.

“kita bisa melihati diantara tradisi sejarah kita dalam sebua refleksi masa depan wajah kota jayapura, nantinya melalui peran Arsitek,”pungkasnya.

Perkembangan pembanggunan yang telah terjadi selama dua dekade lalu sering dilaksanakan hanya didasarkan atas pertimbangan ekonomi dan fungsi kawasan kecenderungan yang lebi dominan yaitu. Mengabaikan pertimbangan nilai tradisi dan sejarah,”katanya.

10 maret 1910, tambah dia, merupakan tahun resmi pemerinta kota holandia (jayapura) yang dibuka oleh pendeta f.j.van hasselt yang diprioritaskan untuk masyarakat adalah bangunan tradisional yang angka, dibangun menurut tradisi dan material setempat,”tambahnya.

“Bukan sebagai proyek tapi dibangun oleh masyarakat setempat dapat menjadi pembelajaran bagi generasi mendatang,  Dibangun tidak jauh dari habitatnya,  memiliki ke-khas-khasan teknologi konturuksi,  yang relevan untuk masa kini,”jelasnya. (Yudas Tubou Kigiba Nawipa/KM)  



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “FTSP Jurusan Arsitek USTJ Gelar Seminar, Jayapura Dulu, Kini dan Esok