BREAKING NEWS
Search

Hari Ini Warga Kampung Pugai di Kab. Deiyai Rayakan Pesta Babi (YUWOO)

Foto :Antar Babi di Tempat Pelaksanaan Pesta Yuwoo Di Pugai,Debei/MT doc
Deiyai (KM)--Hari ini Rabu,(27/5/2015) lapisan masyarakat kampung Pugai, di Debei Kecamatan Tigi Barat-Kab. Deiyai akan menggelar upacara adat, serta Pesta Babi dan ritual adat istiadat setempat.

Pemilik Yuwoo (Yuwoo Ipuwemee) atau tuan rumah Frans Ign Bobii, membenarkan hari ini akan merayakan pesta babi, disampaikan melalui telpon selular kepada wartawan www. Kabarmapegaa.com. siang tadi. 

Menurut  Frans masyarakat setempat telah mempersiapkan kesiapan  dan persiapan baik persiapan fisik maupun non fisik untuk melaksanakan pada saat pelaksanaan pesta yuwo berlangsung; Katanya.

Lanjut Bobii, kesiapan masyarakat setempat sudah sebelum jauh mempersiapkan diri baik kurban ternak serta bama lainnya, sehingga kami sengaja memajukan waktu pelaksanaan karena belum tentu mendatangi kematian ternak yang dikurbankannya. 

Penulis Buku Pater Herman Tilemans "Awee Pito" ini juga meminta maaf kepada pelajar dan mahasiswa/i dari luar daerah serta warga suku Mee yang hendak akan  merayakan  pesta babi ( Yuwoo ) di daerah kami. 

Seharusnya pelaksanaan Pesta Babi ( Yuwoo) di rayakan pada bulan Juni atau Juli akan tetapi mengingat kesiapan yang matang dari masyarakat setempat maka  kami memajukan waktu pelaksanaanya. (ungkapnya)

Dalam Pesta Babi (Yuwoo) kali ini semua masyarakat setempat akan menggunakan busana adat Koteka, Moge, noken serta perhiasan lainnya. (tambah dia).

Pesta Yuwoo adalah kebiasan dan budaya suku Mee sehingga masyarakat setempat musti dan harus memakai Pakaian adat pada saat pengambilan babi kurban dan mengantar babi ketempat pelaksana  Yuwoo. (Mateus A Tekege).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Hari Ini Warga Kampung Pugai di Kab. Deiyai Rayakan Pesta Babi (YUWOO)