BREAKING NEWS
Search

Silvester Tebai : Vaksin 5000 ekor Ayam di Timika Papua


Foto,didepan kandang rumah peliarahan 5000 ekor ayam di Timika Papua.Anton Gobai/KM
Timika,(KM)-Silvester Tebai,vaksin 5000 ekor Ayam di daerah Papua tengah yakni Kabupaten Mimika kota Timika.
 
Agar vaksin bisa maksimal kesuksesanya maka harus di perhatikan cara memperlakukan vaksin dan cara memberikan vaksin pada ayam,Seperti terekam dalam liputan grup Jurnalis (KM) di Kota Timika, jumat yang kemarin lalu (1/4/2015).
 
Setiap orang punya sejuta impian dan cita-cita dalam hidupnya. Sayangnya, impian itu tak semuda membalikkan telapak tangan, sebab mengapai cita-cita mesti melalui usaha dan kerja keras.
 
kisah perjuangannya tak sesingkat ceritanya. Kata pepatah, ingin memeluk gunung tapi apa daya tangan tak sampai. Maka itu, tantangan mesti diperjuangkan, seolah kelompok Pemuda Asal  Mee itu tak mau terkubur dalam pepatah belaka.
 
Kepada www.kabarmapegaa.com,“Dari komitmen itu, pada periode pertama, kami mendapat bantuan 5000 ekor ayam,pada kandang yang didesain oleh LPMAK sedemikian rupa beserta perlengkapan, peralatan dan bantuan pakan ayam selama beberapa bulan yang lalu pertama sebagai modal usaha awal,” jelasnya.
 
Usaha itu dirintis di atas lahan warisan keluarganya di Jalan  (SP) II jalur 5 Timika Papua. Sebagai langkah awal, usaha Peternakan Ayam itu diresmikan pihak terkait LPMAK, perwakilan Dinas Peternakan Kabupaten Mimika pada tanggal 20 /01/2012.
 
Demikian prinsip kelompok diskusi pimpinan Silvester Tebai, sejak berjuang beberapa tahun yang lalu silam. Memulai berkumpul dan mendiskusikan nasib dan peran pemuda dalam pembangunan di daerahnya, Timika, Papua.

Dalam pantauan www.kabarmapegaa.com , Sebelum pelaksanaan vaksinasi,perlu diperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan program vaksinasi antara lain :”Vaksin harus dirawat dan sisimpan dalam keadaan sehat dan tidak dalam kondisi stress,Ayam yang akan divaksin harus dalam keadaan sehat dan tidak dalam kondisi stress,Keadaan nutrisi ayam cukup baik,Keadaan sanitasi kandang dan lingkungan baik,Pelaksanaan vaksinasi dalam waktu dan umur yang tepat,Peralatan untuk vaksinasi dalam keadaan baik dan steril”,kata Silvester Tebai.
 
Dalam pelaksanaan Tebai vaksinasi ayam 5000 ekor di SP II jalur 5 , Dengan  cara yang umum dilakukan antara lain vaksinasi melalui air minum, tetes mata, tetes hidung atau mulut, spray, suntikan dam tusuk sayap.
 
Untuk menghindari ayam yang divaksin mengalami stress, maka ayam perlu mendapat suplai vitamin khususnya vitamin anti stress sebelum dan sesudah pelaksanaan vaksinasi,Tegas.(Anton Gobai/KM).




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Silvester Tebai : Vaksin 5000 ekor Ayam di Timika Papua