BREAKING NEWS
Search

Kurang Perhatian Pemeritah Daerah, Layanan Pendidikan di Pengunungan Tengah Belum Merata

Foto : Doc.Prib Yulianus/ist
Oleh : Yulianus Mekahe Pugiye 
Opini, (KM) --Masalah pendidikan khususnya di pegunungan tengah Papua yang sangat serius bisa terurai.

Sejauh ini tanda-tanda ke arah itu belum tampak. Persoalan-persoalan yang mendasar masih membelit anak-anak Papua, termasuk yang di sekolah dasar. Kondisinya serbah terbatas, terutama untuk daerah-daerah pedalaman pegunungan tengah Papua. Layanan pendidikan belum merata. Pertanyaannya : kapan anak-anak pegunungan tengah Papua akan merdeka dari kebodohan ? Anak-anak pegunungan tengah Papua boleh jadi merdeka dari kebodohan jika ada kondisi minimal yang memungkinkan mereka untuk belajar.
Kisah Klasik
Cerita-cerita tentang gedung sekolah yang reyot, guru yang sedikit, dan tanpa buku-buku pelajaran di pedalaman pegunungan tengah Papua sudah usang. Kisah seperti ini dimiliki bukan saja oleh generasi sekarang. Generasi-generasi sebelumnya juga sudah lebih dulu mengalami.

Tidak banyak yang berbeda dari foto-foto gedung sekolah dasar di pedalaman pegunungan tengah  Papua pada tahun 2000-an dan yang ada sekarang ini. Boleh jadi sepanjang sejarah bagi sekolah-sekolah yang ada di pedalaman belum banyak yang memiliki gedung yang permanen, guru mata pelajaran yang tidak tetap, dan perpustakaan. Profil sekilas murid-muridpun sama: hanya sedikit yang bersepatu, seragam  yang serba kumal, dan lusuh. Jumlah guru tidak bertambah atau tidak memadai secara signifikan. Bahkan, sekolah-sekolah di pedalaman pegunungan tengah  Papua pada umumnya kekurangan guru.

Boleh jadi masih ada kesamaan-kesamaan yang lain: kekurangan gizi yang menyebabkan hambatan kesehatan, kesulitan membaca dan berhitung karena tidak ada alat bantu ajar, kesulitan mengakses sekolah dari kampung, dll.

Boleh diduga juga bahwa ada anak-anak usia sekolah yang meninggal dunia data tentang hal ini akan sangat berdampak terhadap kebijakan pendidikan pegunungan tengah Papua dengan berbagai sebab: penyakit, kecelakaan, dll.

Kisah-kisah suram pendidikan pada umumnya dan pendidikan dasar ini masih bisa lebih panjang. Pertanyaannya: mengapa kondisi pada puluhan tahun lalu tidak banyak berbeda dengan kondisi sekarang ini? Dengan lain kata, mengapa pembangunan pendidikan pegunungan tengah Papua terkesan jalan di tempat? Kini dapat dibayangkan, anak-anak pegunungan tengah Papua akan tersingkir dari kacah dunia yang berkembang pesat.

Harus diakui, perkembangan positif dunia pendidikan khususnya pegunungan tengah Papua tidak cukup kentara. Ini tentu masalah yang tidak kecil. Gelombang kekecewaan terhadap pendidikan pegunungan tengah Papua tidak pernah surut. Akan tetapi, sejauh ini pun masalah belum tampak akan terurai. Kisah klasik suramnya pendidikan pegunungan tengah Papua masih terus berlanjut, entah hingga kapan. Kebutuhan anak-anak pegunungan tengah Papua akan pendidikan dan pengetahuan masih belum tercukupi.

Masalah Besar
Penyelenggaraan pendidikan idealnya membantu anak-anak peserta didik membuka akses mereka terhadap pengetahuan, yang membantu mereka untuk bertumbuh dan berkembang dalam banyak aspek hidup mereka. Pengetahuan menyumbang pada derajat hidup anak-anak pegunungan tengah Papua. Artinya, pengetahuan membantu mereka untuk menumbuh-kembangkan hakekat kemanusiaan mereka; mengenal dan menyerap nilai-nilai universal. Pengetahuan akan turut membentuk perspektif hidup anak-anak, akan membangun cara mereka menghayati hidup (way of life). Pendidikan membantu anak-anak didik untuk memiliki mata-budi dan mata-hati yang lebih peka sehingga bisa memandang lebih luas dan merasa lebih dalam.

Pendidikan menggerakkan anak-anak untuk merdeka, untuk membangun kebebasaannya sendiri (mandiri) dan kebebasan bersama yang lain.

Dalam kenyataan, cukup banyak anak-anak pegunungan tengah Papua tidak mengenyam pendidikan yang memerdekakan ini. Masalah-masalah besar membelenggu pendidikan pegunungan tengah Papua dan mengancam potensi anak-anak pegunungan tengah Papua untuk tumbuh sebagai insan-insan yang merdeka.

Pertama, semangat pendidikan yang membebaskan belum menjadi semangat pendidikan kita. Semangat pendidikan ini antara lain ditandai dengan pemberian ruang utama, untuk pengetahuan lokal. Peserta didik dibimbing untuk mengenali dirinya: sejarahnya, tanahnya, silsilahnya, dan segala harta pengetahuan yang ada paling dekat dengan mereka. Semangat pembebasan diawali dengan mengenal diri sendiri dan perlahan mengenal yang lain. Dengan demikian, anak-anak pun pada masanya akan mengerti lebih utuh diri mereka. Tanpa ruang luas untuk mengerti diri sendiri pendidikan bagi anak-anak pegunungan tengah Papua, anak-anak pegunungan tengah Papua lebih cenderung menjadi orang lain.

Semangat pendidikan yang membebaskan ini menggerakkan peserta didik untuk menyadari masyarakatnya. Kesadaran ini pada saatnya bertransformasi menjadi rasa cinta yang mendalam (compassion) terhadap tanah dan bangsa. Pendidikan bukan hanya soal mengalirkan pengetahuan tetapi juga soal mengonstruksi paradigma-paradigma dan membangun nilai kemanusian.

Inilah masalah terbesar pendidikan pegunungan tengah Papua : tidak menggerakkan insan-insan muda untuk merdeka!

Kedua, tidak berkembang kultur pendidikan yang sehat. Boleh diakui atau disangkal, budaya pendidikan pegunungan tengah Papua sedang di rusak oleh praktik-praktik berulang yang semangatnya bertentangan dengan jiwa pendidikan ideal.

Dalam percakapan keseharian, sekolah dikesankan sebagai lembaga pencetak ijazah selembar kertas yang berfungsi sebagai legitimasi untuk menempati jabatan publik. Ijazah jauh lebih bernilai dari pada seluruh proses belajar sehingga seseorang pantas diberi ijazah. Bahkan, merebak pula berbagai praktik transaksi tidak sehat demi mendapatkan ijazah.

Pemberian ijazah dengan mengabaikan prasyarat-prasyarat vital, yaitu proses pendidikan yang sehat, merusak kultur pendidikan sekaligus membangun budaya bohong. Praktik ini mengosongkan proses pendidikan dari makna yang sesungguhnya. Pada saat yang sama, praktik seperti ini menunjukkan dengan sangat jelas bahwa proses pendidikan tidak memiliki korelasi langsung dengan ijazah. Sudah tentu, jika praktik ini terus berulang, masyarakat dan anak-anakpun akan bertanya-tanya: sekolah untuk apa? Masyarakat akan terperangkap dalam krisis pendidikan yang kian lama, kian parah.

Ketiga, belum terbentuk masyarakat meleka pendidikan. Masalah pendidikan pegunungan tengah Papua antara lain menjadi berlarut-larut karena masyakarat melek pendidikan belum sepenuhnya terbentuk. Bertautan dengan praktik yang sudah disinggung, oleh sebagian masyarakat sekolah masih belum sepenuhnya dipahami sebagai lembaga pendidikan. Sekolah lebih sebagai lembaga pemberi gelar dan ijazah. Bukan mustahil perilaku masyarakat yang haus gelar dan ijazah ini bisa memanipulasi sekolah dan membajak sekolah untuk tidak mengemban tugas sejatinya.

Secara kasar, sekolah ditekan agar memainkan peran utama menjual gelar sambil dan ijazah menyelenggarakan pendidikan yang pura-pura. Artinya, pendidikan yang diselenggarakan dibajak untuk sebatas menjadi kedok belaka. Tentu saja, perilaku ini tidak bermanfaat bagi anak-anak belia pegunungan tengah Papua selain menjadi contoh kasus yang buruk dan merongrong hasrat mereka akan pendidikan. Pendidikan tidak bisa direduksi menjadi proses meluluskan atau memberi ijazah belaka.

Seandainya praktik-praktik yang pada hakekatnya malah melawan pendidikan ini terus lestari di Papua demi alasan apapun bukankah ini kontraproduktif untuk masyarakat pegunungan tengah Papua sekarang dan generasi yang akan datang? Anak-anak belia pegunungan tengah Papua belum akan mengenyam pendidikan selama praktik ini masih lestari dan menjadi jalan pintas untuk mendapatkan pengakuan sebagai insan berpendidikan.

Solusinya?
Jelaslah bahwa langkah pertama dan paling penting untuk mengatasi perkara pendidikan pegunungan tengah Papua adalah konsep pokok pendidikan pegunungan tengah Papua yang komprehensif, yang secara matang dipikirkan dan didiskusikan. Cukup banyak ahli dari berbagi disiplin untuk dimintai sumbangan pemikiran. Pendasaran filosofis untuk pendidikan mesti ada.

Filosofi pendidikan pegunungan tengah Papua yang matang dan diproyeksikan untuk menjawab permasalahan kontemporer dan masa depan akan memberikan pendasaran yang kuat untuk menyusun perencanaan pendidikamn pegununga tengah Papua. Tanpa pendasaran yang kokoh, pendidikan pegunungan tengah

Papua kehilangan visi yang tegas sekadar menjadi kumpulan aksi-aksi yang berdiri sendiri dan lemah dalam hal ikatan dengan konteks Papua dewasa  ini serta justru kontraproduktif terhadap masyarakat Papua. Yang paling diperlukan sekarang ini adalah pemikiran yang kokoh dan sangat relevan dengan persoalan pendidikan pegunungan tengah Papua. Jika pemikiran ini sudah ada, solusi-solusi yang lain akan dengan sendirinya muncul.

Penulis Aktivis Peduli Pendidikan Pegunungan Tengah Papua.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


1 thought on “Kurang Perhatian Pemeritah Daerah, Layanan Pendidikan di Pengunungan Tengah Belum Merata

    1. Pemekaran DOB Mapia Raya kami tetap menolak dengan tegas tanpa mundur dan raagu.

      ReplyDelete