BREAKING NEWS
Search

Anak Butuh Nasehat dan Didikan



My Foto,Doc Pribadi,Ansel Umagigobai/KM.

Oleh : Ansel Umagigobai

Opini,KM-Pase Pertumbuhan manusia dari bayi kanak-kanak mudah dewasa hingga tua,merupakan pase kehidupan proses pertumbuhan dan perkembangan manusia.jika umur  manusia dan badan tambah besar maka proses pemikiran manusiapun bertambah besar menuju dewasa hingga tua.

Sejak manusia berumur kanak-kanak perlu ada didikan dan nasehat dari orang terdekat atau orang lebih berpengalaman tentang kehidupan,agar proses hidup manusia lebih mengerti supaya hari besoknya tidak sudah untuk menyesuaikan zaman ini.oleh karena itu,sangat-sangat di butuhkan didikan dan nasehat dari :

a.Orang Tua

Orang tua merupakan wakil dari tuhan,dan orang tua pula merupakan sedarah dan setulang buat anaknya.orang tua tidak menasehati anaknya maka siapa lagi yang akan membimbing dan mendidik anaknya.pasti ujung-ujungnya nakal dan banyak masalah dari anak buat keluarga dan diri sendiri.siapa salah,ya yang jelas orang tua.untuk itu  pondasi utama untuk mendidik dan menasehati anak adalah di mulai dari keluarga ( Orang tua) itu sendiri.

b.Guru 

Dikatakan guru karena,Dia mampu membimbing dan mendidik anak yang nakal atau anak yang tidak  tau menjadi tau,itulah kebesaran buat guru untuk kita semua.

Hargai dan hormati karena guru merupakan dasar hidup anak mudah penempuh masa depan.mereka pemimpin-pemimpin dunia,karena guru di adalah  pendidik dunia.

Tapi diingat juga yang menjadi guru maupun calon calon guru.jangan tahun memberikan pendidikan saja,tetapi sangat dibutuhkan untuk mendidik dan menasehati sifat yang kurang baik menjadikan sifat yang baik bagi didikan anak mudah.

c.Sesama Manusia

Orang kecil sangat di butuhkan,didikan masukan saran untuk melengkapi kekurangannya.orang yang merasa berpengalama,jangan tinggal diam untuk membagi ilmunya,tetapi bergerak hati untuk membagi dengan adik-adik maupun orang yang membutuhkannya.dan juga yang merasa masih kecil tetapi memiliki bakat yang luas biasa sangat perlu untuk di bagikan juga  kepada orang lain,agar bakatmu bermanfaat bagi banyak orang dan diri sendiri untuk kedepan.

d. Adik Kakak

Sangat di butuhkan nasehat dan didikan dari kakak buat adik.adik kakak jangan jadikan hidup menjadi permasalahan atau permusuhan,tetapi harus menasehati dan mendidik diantaranya.

e.Kesimpulan

Dengarkan dan turutilah nasehat dari Bapak/Ibu orang tuamu,karena panjang umurmu di bumi.

Dengarkan perkataan dari Bapak/Ibu guru di sekolah,karena mereka adalah pendidik nomor satu di duniai.

Dengarkan dan turutilah nasehat dan didikan dari sesama manusia,karena mereka memiliki nilai kasih sayang yang besar.

Dengarkan dan turutilah kakakmu,karena dia adalah sedarah dan setulang dari ayah/Ibu bersama.(KM).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Anak Butuh Nasehat dan Didikan