BREAKING NEWS
Search

Pemda Nduga : Pulangkan Mayat Guru Muda Amos Wandagau Mahasiswa dan Keluarga Moni Tuntut

Suasana Duka Kepergian Guru Muda Amos Wandagau, bertempat
di Asrama Mahasiswa kabupaten Intan Jaya  Jayapura. Foto :
Daniel Hagimuni/KM

Jayapura,(KM)--Alm Amos Wandagau sebagai guru honorer di Kabupaten Nduga, mengajar di SD Negeri Juguru, Kabupaten Nduga. Selema beberapa tahun mengabdi, beliau diterma menjadi guru sah setelah adanya  penerimaan CPNS di kabupaten Nduga. Dan Almarhum menghembuskan napas terakhirnya  pada tanggal  13/02/2016 di kos Kepala Suku Moni, Agus Somau, Jln. Pasar youtefa, Jayapura, Papua.

Sabtu, 13 februari  Alm berangkat dari  Nabire menuju  Jayapura dengan keadaan yang sehat tetapi pada malam harinya, pukul 02.30 Wp Ia menghembuskan nafas terakhir.

Dengan adanya kejadian ini, Keluarga Besar Masyarakat Moni Kabupaten Intan Jaya se-Jayapuara dan pihak keluarga duka, meminta kepada pemerintah Nduga untuk pulangkan Jenazah  ke  Kampungnya di Sanepa, Kabupaten Intan Jaya.(15/02/2016)

Yulius Wandagau, S.Sos, kakak kandung Almarhum , kepada Media ini mengatakan "  selama Alm bertugas di sana, beliau mengajar SD Negeri Juguru, Kabupaten Nduga. Dia mengajar dari Kelas I, II dan III. Alm  tidak pernah minta untuk ditempatkan di kabupaten Nduga untuk jadi guru honor pada tahun 2009." tetapi Dia memilih pergi untuk mengajar disana, Beliau juga sebagai salah satu guru mudah sekaligus  guru perintis di Kabupaten Nduga.

Sehingga, lanjut Yulius, kami keluarga duka mendesak Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nduga, untuk   Jenazah Alm Amos  di pulangkan kepada keluarganya di Sanepa, Kabupaten Intan Jaya.  Tegasnya

"kami sudah menghubungi beberapa kali kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nduga, tetapi Pemerintah sana, dalam hal ini tidak menanggapinya dengan serius" ujar Yulius

Sementara itu,  Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (P dan K) Pemerintah Daerah Kabupaten Nduga, mengatakan "Apabila jika beliau meninggal dunia dari Kabupaten Nduga boleh kami fasilitasi, tetapi beliau meninggal dunia dari Jayapura, sehingga itu bukan lagi tanggung jawab kami pemerintah"

Pernyataan  yang dikeluarkan oleh Dinas P dan K , tidak diterima oleh  pihak keluarga tidak dengan alasan bagaimanapun juga Alm bertugas dan menetap  disana. Soal meninggal dari tempat tugas atau diluar dari tempat tugas yang jelas Alm menetap disana. sehingga pernyataan seperti itu tidak pantas untuk mengeluarkan oleh Dinas P & K.

sampai saat ini  jenazahnya  di semayamkan di Asrama Mahasiswa kabupaten Intan Jaya  Jayapura, mereka masih menungguh respon positif dari Pemerintah Nduga.

"Yah, kalau tidak ada respon dari 
Pemerintah Daerah Kabupaten Nduga, maka tanggal 17/02/2016, kami akan makamkan di Jayapuara" ungkap Yulius

Kemudian Yulius juga mendesak kepada Pemda  Kabupaten Intan Jaya serta Ketua DPRD Kab. Intan Jaya, Sekwan Kab. Intan Jaya  walaupun Beliau mengabdi di kabupaten lain tetapi itupun tidak ada respon.ujarnya (Daniel Hagimuni/KM).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pemda Nduga : Pulangkan Mayat Guru Muda Amos Wandagau Mahasiswa dan Keluarga Moni Tuntut