BREAKING NEWS
Search

Teknologi Mempengaruhi Manusia

Foto Doc Pribadi,Ansel/KM
Oleh : Anselmus Gobai

Opini,(KM)--Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat mempengaruhi kehidupam manusia.Mengapa demikian?? sebab pengaruh teknologi membawa dampak besar dalam berkomunikasi pada massa untuk melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Dulu,Manusia berkomunikasi bertatap langsung antar mata dengan mata,berbicara secara fakta sesuai apa yang di terjadi,berbicara tidak panjang lebar,tidak berliku liku,memecahkan masalah sambil menemukan solusi tepat karena berkumpul bersama membicarakan apa yang terjadi.Tetapi sekarang dengan perkembangan teknologi,”Handphone” menguasai pikiran manusia apa yang ingin bicarakan semaunya saja,janji janji palsu,apa yang di janjikan tidak sesuai apa yang di kerjakan,tipu menipuh berlebihan,mengapa bisa terjadi seperti itu karena alat teknologi menguasai pikiran manusia sehingga pengunapun ikut terlibat dalam alat teknologi itu,bukan itu yang mengharapkan tetapi sebenarnya manusia yang menguasai alat tektologi untuk mengatur dan mengfunsikan dengan baik sehingga data rill yang dulu perlu di tingkatkan kembali untuk perkambangan mendatang.

internet juga diangap sebagai sesuatu yang waoo dan rumit bagi orang-orang.namun sekarang sesuatu hal yang bisa bisa saja.dan sifatnya universal bagi banyak orang.nilainya mengandung positif  dan negatif sebanding atau sama.Tetapi dalam kehidupan manusia internet selalu mengatur dan mengarah diri kita ikut bersama sehingga lupa waktu kegiatan apa yang kita kerjakan nantinya. kenyataan bukan internet yang menciptakan kita tetapi manusia yang menciptakan internet maka manusia yang mengatur  dan mengelolahnya.

Selain itu,Aplikasi “game”  dalam computer atau Handphone sudah terpopuler.makna dan fungsi bagi penguna sangat baik.salah satunya menghibur dan merefleksikan diri atas kejenuan atau kesibukan dari pekerjaan.tetapi kadang kala kenyataan dalam hidup,”game”  mempengaruhi pola pikir manusia,atas keterkandasan pikiran dan kesehatan manusia.apalagi zaman ini game lebih hobby bagi kanak kanak,secara biologi sangat pengaruh besar atas pertumbuhan perkembangan organ-organ dalam.jika orang tua tidak menjadi pondasi bagi anak maka pola dan karakter hidup anak akan terbawa arus bersama perkembangan teknologi ini.

”Televisi” juga merupakan alat perkembangan teknologi.manfaat dan tujuannya sangat baik bagi penentot atau penguna.mampu memberikan informasi informasi factual,pengetahuan ataupun hiburan dalam kesibukan.tetapi salah satunya dapat membawa dampak buruk bagi anak-anak dalam keluarga,karena dalam pertumbuhan anak-anak adalah pertumbuhan untuk mencoba coba,sehingga apa yang di tonton langsung praktek di lapangan.

Inilah beberapa alat perkembangan terknologi yang dapat  menpengaruhi kehidupan manusia.masih banyak yang penulis belum menulis, maka tugas kita mari kita sama-sama mempelajari dan memetik fungsi  dan tujuan serta positif dan negative alat perkembangan teknologi ini bagi diri kita manusia.Oleh karena itu,di zaman era globalisasi dan teknologi semakin cangih ini,kita sebagai penikmat sekaligus penguna,lebih bijak dalam mengunakan kebutuhan dalam hidup.

Orang tua juga sangat berperang penting kepada anak-anak  atas perkembangan teknologi zaman ini.jika tidak sangat berbahaya bagi perkembangan anak-anak demi masa depan mereka.

Maka itu,kesimpulan dari penulis bahwa, perkembangan teknologi diciptakan dan di temukan oleh manusia,maka manusia yang mengelola dan mengatur bukan alat teknologi yang mengatur dan mengelolah dalam kehidupan manusia.

Akhir kata,semua ini tergantung kepada pribadi kita masing-masing,sebab hanya anda dan penulis yang dapat mengendalikan diri dari perkembangan teknologi yang semakin maju ini.(Anselmus Gobai/KM).

Penulis adalah Mahasiswa Papua,Kuliah di Yogyakarta.


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Teknologi Mempengaruhi Manusia