BREAKING NEWS
Search

YLSM: Kapolda Papua Jangan Bungkam Aspirasi OAP?

Usai aksi KNPB hadan oleh aparat Indonesia di Lingkarang Abepura, Jayapura,Papua, Rabu(15/16)
Foto: Petrus Dou/KKM


Paniai,(KM)—Ketua Yayasan Lembaga Swedaya Masyarakat (YLSM) Wilayah Meepago Servius Kedepa menyatakan sekalipung Kapolda Papua, Paulus Waterpau tidak mengijinkan aksi rakyat Papua Barat  yang di motori KNPB. Kami tahu aksi ini bukan anarkis  pada hal aksi damai.

Aksi masa  KNPB sedang ramai dengan cara damai dan bermartabat di titik lingkaran Abepura menuju kantor DPRP Jayapura. Tetapi, masa sedang ditahan oleh polisi Indonesia itu aneh.

“Jadi, kapolda Papua jangan bungkam aspirasi rakyat Papua,” pintah Servius Kedepa Ketua Umum YLSM Pegunungan Tengah Papua kepada Media ini Rabu (15/16)

Ia bertanya , “Mengapa polisi membatasi masa pendemo yang telah dan telah datang dengan damai ini masih mau dibatasi terus hingga 15 Juni 2016?. Rakyat papua juga ingin menyampaikan aspirasi ke DPRP.

Kata dia, sebelumnya kelompok Baroda Merah Putih (BMP) dan BARA NKRI yang membakar Bendera Bintang Fajar dan menuntut POLRI bubarkan KNPB dan ULMWP itu telah diizinkan masuk ke kantor DPRP Jayapura untuk menyampaikan aspirasi mereka?

“kami tahu bahwa masa yang datang saat itu adalah hampir semua dari wargaming trans Koya, dan transmigrasi yang menuduki di jayapura,”ucapnya

Masih lanjutnya, kelompok ini diduga kuat dibacking oleh BIN dan TNI/Polri. Karena mereka telah dibebaskan masuk dengan aman sampai di kantor DPRP Jayapura,” kada kedepa

Menurutnya, kami memandang pernyatan  ini membuka peluang konflik antara Orang Asli Papua (OAP)  dan Orang Asli Indonesia di Papua. Tanda-tanda konflik sudah mulai ada di depan mata kita,”jelasnya

Oleh karena itu, sebelum jatuhnya korban akibat konflik, DPRP diminta mempertimbangkan untuk menggelar Sidang Istimewa untuk mengundang pihak ketiga (PBB) menyelesaikan akar masalah politik secara menyeluruh pada kesempatan pertama,”tegasnya

Jadi, Negara- Negara PIF diminta segera akan kirimkan Tim Pencari Fakta ke Papua.


Pewarta  : Yunus E Gobai




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “YLSM: Kapolda Papua Jangan Bungkam Aspirasi OAP?