Design: Ape Dumupa.Ist |
Yogyakarta, (KM)--Kelompok Belajar Perempuan Papua Yogyakarta telah melakukan diskusi seri ke III tentang penindasan terhadap perempuan Meepago dalam prespektife suku Mee. Diskusi ini dilakukan Pada tanggal 16 september 2016 yang di mulai pukul 19.00 WIB sampai selesai, dihadiri sekitar 25 orang yang terdiri dari perempuan dan laki-laki.
Dorlince Iwoyau sebagai pemantik diskusi. Beliau memaparkan sejarah atau budaya suku Mee yang dituliskan oleh Mikael Tekege . Dalam pemaparaan materi diskusi, pematik juga menyelipkan bentuk-bentuk ketidakadilan terhadap perempuan. Praktek ketidakadilan ini dilegitimasi atas nama adat.
Diskusi menjadi hangat setelah menyaksikan Film pendek yang berjudul ‘Perempuan Papua Menuju hari Esok’.
Film Perempuan Menuju Hari Esok
Film ini menceritakan Perjuanagn Mama-mama suku Mee, khususnya di kabupaten Paniai . Mereka sebagai tulang punggung rumah tangga. Di mana, seorang ibu bangun pagi ke kebun, pulang dari kebun masak, setelah masak harus mencari kayu bakar. Selain itu, beliau juga harus berjualan untuk mendapat uang sampingan sehingga dapat menunjang kehidupan keluarganya. Film tersebut juga menggambarkan , sosok laki-laki Mee sekarang yang memilih untuk tinggal diam di rumah, suka jalan-jalan, dan dia belum mengambil peran aktif sebagai sosok yang harus menafkai keluarga.
Diskusi menjadi hangat ketika beberapa kawan putri yang menyoroti permasalahan yang dihadapi mama-mama Mee dan sosok laki-laki zaman sekarang yang gagal menjalankan peran. Berulang kali dikatakan “hanya tau membuat anak, tidak tau bekerja di kebun, tidak bisa mencari kayu bakar, dia hanya tau membuat proposal setelah mendapat uang tidak tau uangnya dikemanakan, Entahlah, uang tersebut untuk mace paha putih dong ka? Atau bir di toko habis ka?, uang di hotel Bintang berapa atau hotel Melati apa? Hanya dong sendiri yang tau”.
Usai nonton, Maria Baru yang menjelaskan tentang bergesernya tanggungjawab seorang laki-laki Papua yang jaman dulu hingga sekarang. "Dahulu kita (orang papua) berada pada jaman komunal. Di mana zaman itu, banyak orang Papua belum mengenal perbedaan kelas antara laki-laki dan perempuan jadi semua pekerjaan dilakukan bersama, Namun berkembangnya zaman, ketika pemerintah masuk di tanah Papua, orang non Papua masuk, banyak pemekaran-pemekaran kabupaten baru, mempengaruhi pergeseran tanggungjawab seorang laki-laki Papua yang sejatinya menjadi tulang punggung keluarga," jelasnya.
Dalam film perempuan Papua menuju hari esok, juga mengangkat bagimana para mama dari Paniai diberi uang dana respek Rp. 15 juta.
Dana tersebut digunakan oleh mama untuk modal usaha dan simpan pinjam. Dalam film tersebut juga, menceritakan, kondisi pendidikan di Paniai. Banyak anak murid , tetapi anak murid ini harus menerima pelajaran dalam kondisi gedung yang tidak layak, seperti fasilitas gedung kelas tidak memadai. Bentuk gendung selayaknya gubuk-gubuk di perkebunan. Minimnya tenaga didik sehingga seorang guru harus mengajar dari kelas satu SD sampai kelas enam SD.
Marginalisasi terhadap perempuan di papua, terkhusus wilayah paniai dalam hal pendidikan, apalagi pendidikan adat.
Masyarakat suku Mee dulunya masih menganut pendidikan lisan melalui dekontruksi bahasa. Dimana anak-anak mereka diajarkan secara lisan namun terpisah antara perempuan dan laki-laki. Anak laki-laki diajarkan oleh ayahnya tentang cara memburuh, membuat pagar, anak panah, perang, dan cara memutuskan sesuatu dalam keluarga dan masyarakat. Sementara perempuan diarahkan dalam cara memelihara ternak, bercocok tanam, memasak, merawat dan membesarkan anak.
Jadi, menueurt mereka, perempuan itu diarahkan dalam urusan dosmetik , sedangkan pengambilan keputusan adalah ditangan seorang perempuan.
Seiring berjalannya waktu, pendidikan fomral datang dengan kurikulum yang berbeda dengan budaya masyarakat setempat membuat mereka merasa terbelakang. Dalam artian, masyarakat yang masih hidup dalam pendidikan lisan tidak dapat memahami pendidikan formal yang datang begitu saja tanpa mengetahui dahulu perkembangan pendidikan setempat. Dalam masa-masa ini juga, masyarakat suku Mee, khususnya perempuan masih termarginalisasi dalam hal pendidikan. Perempuan masih dianggap sebagai sumber uang utuk laki-laki bersekolah.
Sisi Ekonomi
Masyarakat suku Mee disebut sebagai masyarakat agraria, masyarakat yang hidup dengan bertani dan berternak. Oleh sebab itu sebagian besar masyarakatnya memeliahara ternak seperti babi dan hewan ternak lainnya. Ternak babi sendiri mempunyai nilai ekonomi dan sosial yang dapat mengangkat martabat seseorang laki-laki, jika mempunyai babi yang banyak, Maka seorang perempuan Mee/istri , diharuskan untuk memelihara babi agar memperkaya laki-lakinya terjadi diskriminasi pada perempuan apalagi masih banyak aktivitas yang domestik yang dilakukan perempuan selain memelihara babi. Pendiskriminasi itu kita bisa lihat dari seorang perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga. Ia bertugas di dalam dan luar rumah utuk mempertahankan kehidupannya sendiri maupun anak dan suaminya.
Sisi Kesehatan
Diskriminasi dalam pembagian kerja dalam kehidupan sehari-hari juga mengganggu kesehatan kaum perempuan suku Mee, perempuan yang sudah memiliki suami atau sering disapa Mama-mama, harus bekerja tiga kali lipat dalam pemenuhan kebutuhan dasar sehari-hari. Hal yang memprihatinkan adalah ketika perempuan tersebut memiliki bayi dan beberapa orang anak, mereka harus memenuhi kebutuhan semua anaknya juga menyusui bayinya. Padahal kenyataannya asupan gizi seperti untuk ibu dan stamina tidak memungkinkan hal ini berjalan dengan baik. Namun inilah bentuk perjuangan tanpa batas untuk melampaui batas-batas pemikiran sebagai idealnya perempuan mee. Namun sebenarnya jika tidak diperhatikan dengan baik kondisi kesehatan Mama maka anak juga rentan terserang penyakit Flu, diare , dan beberapa penyakit lainnya.
Tantangan terbesar lainnya yang dialami oleh Mama-mama bahkan perempuan suku Mee hingga hari ini adalah adalah Penyakit HIV/AIDS.
Penyakit ini tidak pernah dibayangkan dan dimengerti oleh masyarakat mee pada umumnya, namun akibat perubahan yang mengatasnamakan pembangunan dan aktivitas seksual yang tidak pada tempatnya membuat mama-mama dan perempuan menjadi korban.
Lingkungan hidup perempuan mee sangat berkaitan dengan alam. Alam menjadi sumber kehidupan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah perubahan sosial masyarakat hadir, yakni metode mengelola ternak.
Metode Mengelola Ternak
Pada film terekam masih ada ternak babi yang berkeliaran di jalan raya. Pada saat hewan tersebut mengeluarkan tinja di sembarang tempat dapat menjadi sumber penyakit akibat bakteri yang berkembang biak di dalamnya, apalagi terlihat kebanyakan masyarakat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan berjalan kaki tanpa menggunakan pengalas kaki.
Hal ini patut menjadi perhatian kita bersama. Masalah baru dikemudian hari, jika babi yang dibiarkan tidak dikandangkan ini ditabrak oleh kendaraan. Karena sudah banyak pengguna kendaraan. Jika babi tertabrak hingga mengakibatkan kematian, maka akan kena ‘denda’ atau ganti rugi ternak tersebut. Denda juga sering menimbulkan ketegangan antara masyarakat pengguna kendaraan dengan peternak babi.
Permasalahan yang dialami oleh perempuan suku Mee sampai hari ini merupakan permasalahan yang dihadapi perempuan papua ditempat yang berbeda. Masalah cultural, patriarki (kekuasaan kaum bapak) serta dampak –dampak sosial yang mengatasnamakan pembangunan menyudutkan atau memarginalisasi keberadaan perempuan Papua.
Solusi yang ditawarkan dalam diskusi ini adalah perempuan harus berani untuk meraih pendidikan secara formal setinggi –tingginya, perempuan juga dituntut untuk lebih kritis dan jeli dalam mengenal bentuk-bentuk perilaku tidak adil padanya tanpa melupakan identitasnya sebagai perempuan papua.
Perempuan papua juga lebih aktif dalam kegiatan belajar informal untuk menambah kemampuan lain yang tidak diberikan di pendidikan non formal.perempuan papua juga dituntun harus bisa merangkul menjadi solusi atas ketidak adilan yang dialami semua perempuan di wilayah papua. Dikutip dari film “perempuan menuju hari esok”.
‘Peningkatan kapasitas kaum perempuan pada gilirannya akan meciptakan perkembangan hidup masyarakat papua secara umum’
Hasil diskusi oleh Kelompok Belajar Perempuan Papua Yogyakarta, diterima oleh Kabar Mapegaa.
0 thoughts on “Hasil Diskusi: Penindasan Terhadap Perempuan Meepago Prespektive Suku Mee”