BREAKING NEWS
Search

Muspasmee Deknat Paniai Tetapkan Delapan Agenda Karya

Saat Musyarah berlangsung.(Foto: Demianus/KM)
Paniai, (KM)--Materi sentral melalui Muspasmmee tingkat Dekenat Paniai di Madi telah menetapkan delapan agenda karya pastor praksis dekenat Paniai untuk membahas  dan sepakati dengan beberapa aspek yakni: membagun emawa Owaadaa, menbagun ekonomi secara tradisional dan modern disetiap  keluarga kombas  paroki masing-masing.

Ketua Dekan Dekanat Paniai P. Marten Kuayo, Pr menyatakan, musyawarah pastoral Mee ke V ini kita berkumpul bukan hanya kita bicara apa yang kami alami dan kita akan buat kedepan tapi lebih dari itu mau perbarui diri kita saat hidup ini.

Musyarah pastoral adalah wadah yang dicipkan oleh gereja para tim pastoral bersama umat gereja sebagai mama/bunda dan lembaga kemasyarakatan sebagai anak.

“Musyawarah ini menyatuhkan seluruh prosesi rekonsiliasi yang di lakukan ole orang Mee di Meuwodide, untuk mewujudkan kesuksesan dalam kehidupan bergantung dari dua hal: percaya dan kekudusan,” ujar P. Marten Kuayo,Pr kepada media ini, Rabu, (08/02/2017)

Sementara itu, ketua Panitia Petrus Stefanus, mengatakan, Muspasmee  ke-5 yang mengakomodir delapan paroki dan dua quasi Dekenat paniai di meuwodide ini membahas tentang: Kesehatan fisik dan kesehatan psikis, menata ciptaan Allah, menata keutuhan ciptaan Allah di dalam Emaa Owaa, sosial budaya dan Ekonomi.

“Kami di undang agar semua pembahasan materi dapat di jadikan milik bersama  dan tanggung jawab bersama pula,  dalam rangka membagun geraja budaya yang berbasis,” katanya.

Dalam musyarah pastoral Dekenat paniai di Meuwodide ini yang melibatkan: Pemerintah Daerah Kabupaten paniai, Deiyai, Dogiyai, juga ada gereja  Kingmi, LMA Paniai, Bunani dan para Donatur. 
Sementara itu, Tobloidjubi melaporkan, Pemerintah Kabupaten Paniai mengapresiasi pelaksanaan dan perkembangan musyawarah pastoral (muspas) pertama hingga keempat Gereja Katolik Dekenat Paniai (Mee), Keuskupan Timika.

Saat kegiatan berlangsung.(foto:Demianus/KM)
“Muspasmee ini juga pasti akan menemukan solusi dari aspek kesehatan. Kami dari Pemerintah sangat mengapresiasi. Kegiatan demikian kami rasa sangat membantu pemerintah daerah, karena Gereja Katolik juga membina dan mengarahkan aspek iman, terutama bidang keagamaan,” kata Wakil Bupati Paniai, Yohanes You dalam sambutannya pada Misa Pembukaan Muspasmee V di Madi, kepada Jubi, Selasa (7/2/2017).

Pastor Paroki Salib Suci Madi, tulis Jubi, Pater Andreas Peni, Pr, Rabu (8/2/2017), mengatakan Muspas merupakan wadah bagi umat untuk berkumpul, memikirkan dan membicarakan persoalan-persoalan pastoral.bPersoalan pastoral tersebut menyangkut pewartaan, pendidikan, ekonomi, sosial, politik, budaya dan kesehatan.

Liputor: Demianus Bunai
Editor : Manfred Kudiai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Muspasmee Deknat Paniai Tetapkan Delapan Agenda Karya