BREAKING NEWS
Search

Outline Tentang Masalah Uang yang Saat Ini belum Kirim dari Pemprov Papua


Beasiswa.ist

Yogyakarta, (KM)--Meka makida make dugi/nota naidi kouko peukiyokao, petuah lama Mepago. Yang artinya rasa lapar (susah) di tanah orang paling buruk dibanding tanah asalanya. Frasa ini tepat jatuh kepada orang-orang yang jauh dari tanah airnya. Meninggalkan beragam kolega, harta benda, dan kedua orang tuannya. Seseorang keluar dari tanahnya musti ada rencananya yang ia harus menyelesaikan. 

Jelas salah satu mahasiswa Papua Nopi Jr (Inisial)  yang sedang sekolah di Green River Collage, Auburn, Washington State, USA kepada media ini, Rabu, (08/2/2017) via pesan online.

Ia menjelasakan mahasiswa/I di Amerika saat ini keadaan serupa lampu kuning sedikit lagi menjadi lampu merah. Kami merasa letih dan lesu sejak tahun lalu pada musim gugur antara September sampai akhir Desember. Kami telah dikirim uang akomodasi dari Pemprov dalam hal ini BSDM Papua, itu juga mereka kirim hanya sebagian saja tidak seperti musim panas dimana Pemda kirim uang seperti yang mereka di putuskan (pas-pasan).

"Beberapa mahasiswa/I yang tinggal bersama host family sudah dapat dikeluarkakan serta merta karena rent of due date nya habis. Karena sebelumnya host family telah diingatkan beri kesempatan untuk memenuhi uang rentnya. Sampai janjinya telah lalui bahkan beberapa bulan tidak bayar ada dua siswa SMA kembali ke Papua. Kami malu sekali hanya janji dan janji terus kepada host family. Apalagi mereka adalah orang barat, bicaranya hanya to the point, kami bersyukur karena mereka beri kami bebrapa bulan untuk tinggal walaupun kami belum bayar rentnya, kata seorang mahasiswa di sekolah Green River Collage, Auburn, Washington State, USA.," katanya

Dirinya mengaku telah ditegur oleh host family kepada dua orang sisiwi SMA."Kalau kamu tidak lagi bayar, kamu akan dideportasi ke negara asalnya," ujar host family ke dua siswi SMA yang telah kembali ke Papua.

Setelah mereka berdua dengar kata itu, lanjutnya,  mereka merdua memutuskan untuk pulang kembali ke Papua sebelum barang-barangnya di keluarkan secara kasar. Kemudian ada juga bebrapa students yang tinggal sama orang tua angkat, mereka dapat Email bahwa akan lebih baik bagi Anda untuk pindah ke Apartemen milik sekolah sesegera mungkin. sewa Anda akan prorata sebesara $ 24 per malam dari hari anda pindah sampai 3/21/17. 

"Hari Senin pada tanggal 29 Januari 2017 adalah hari mujur bagi kami tapi janji itu tidak sampai ke kami, Pemprov tidak tepati janji  untuk kirim uang. Mata kami kehilangan melihat terang dan muka kami tidak ada harapan. Di Amerika buang air kecil di jalan saja denda, apa lagi dalam segala hal seluk beluk kehidupan," kesalnya lagi.

Kami sedang belajar dengan baik hanya tuition dan akomodasi yang saat ini juga tidak ada kirim dari Pemerintah. Kami akan mengupdate keaadaan berikutnya. Kasus ini hanya untuk students di sekolah Green River Community College, Washingtom State, US. 

Liputor: Manfred/KM





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Outline Tentang Masalah Uang yang Saat Ini belum Kirim dari Pemprov Papua