BREAKING NEWS
Search

Kehidupan Mama-Mama Papua, Masih Memprihatinkan

Oleh : Alexander Gobai
Persoalan perempuan merupakan sebuah persoalan yang selalu dibicarakan oleh masyarakat dunia, khususnya kalangan masyarakat yang menyadari bahwa perempuan merupakan bagian dari makhluk hidup yang perluh dilindungi hak dan martabanya. Dari banyak persoalan, masalah perempuan ini merupakan sebuah persoalan yang tidak pernah tuntas dikaji (Meka D. Gobay, Perempuan Papua Barat dalam kekerasan Militer, Budaya, Ekonomi dan Kesehatan 11:1)
Kehidupan Mama-mama Papua diatas, sangat memprihatinkan pada saat ini. Realita ini, membuat pertimbangan-pertimbagan besar bagi seluruh elemen masyarakat. Baik dari masyarakat maupun dari lembaga-lembaga khusus yang mengatur tentang kemasyarakatan serta dari pihak Pemerintah Provinsi dan Daerah.
Kehidupan mama-mama Papua, masih dalam taraf keprihatianan oleh berbagai elemen baik dari pemerintah maupun dari eleman lembaga-lembaga khusus yang mengatur tentang kehidupan masyarakat Papua. Sangat sayang sekali kehidupan mereka disana, yakni diatas Tanah Papua. Tak ada rasa kasih sayang terhadap mama-mama Papua. Dimana mereka menangis diatas Tanah Papua memintah pertolonagan terhadap Pihak pemerintah. Dengan tidak ada kepedulian dari pemerintah provinsi dan daerah terhadap mama-mama Papua. Maka, mama-mama Papua juga akan malas tahu dengan pemerintah. Artinya bahwa apabila pemerintah melakukan suatu kegiatan mungkin Turun Kampun (TURKAM), disetiap darah, tentunya mereka akan malas peduli dengan kedatangan pemerintah. Mungkin Cuma PNS atau pegawai Negeri saja yang peduli dengan pemerintah yang mana mereka hadir pada saat TURKAM.
Realita ini telah berjalan terus sampai pada saat ini. Keprihatianan ini membuat suatu kehidupan yang terpuruk di dalam hati mama-mama Papua. Penderitaan terhadap mama-mama Papua sangat dominan diatas Tanah Papua. Tak ada kontrol dari pihak pemerintah. Apa mungkin pemerintah memberikan suatu kejutan yang terburuk terhadap mama-mama Papua. Dan apa mungkin pihak pemerintah sengaja membuat mama-mama Papua hidup didalam penderitaan diatas tanah Papua. Hal ini bisa saja menjadi pembicaraan bagi mama-mama Papua.
Pemerintah dan lembaga-lembaga khusus harus bisa bertanggung jawab atas kehidupan mama-mama Papua yang mana mereka hidup didalam penderitaan. Kenyataannya saja sangat nampak di dalam kehidupan mama-mama Papua di atas Tanah Papua. Salah satu contoh, yakni dipasar. Mama-mama Papua selalu terdampar dipinggir-pinggir jalanan. Mereka terpinggir bukan karena apa namun Cuma mereka mau berjualan saja. Jualan yang mereka jual antara lain sayur-mayur dll. Mereka, selalu dipinggirkan oleh mama-mama pendatang (pedagang pendatang). Orang-orang ini yang selalu mendominasi tempat jualan mama-mama Papua. Dan mereka yang membuat mama-mama Papua jual di pinggir-pinggir jalanan. Hal ini sangat tidak wajar. Apabila melihat situasi seperti ini yang terjadi di pasar, maka tugasnya siapa. Apa dari masyarakat sendiri atau dari siapa?
DiTanah Papua, banyak keprihatinan yang harus di pertanggung jawab terlebih khusus kepada mama-mama Papua yang masih saat ini hidup dalam penderitaan. Hal ini membuat duka hati dalam kehidupan mama-mama Papua. Penderitaan yang diderita oleh mama-mama Papua sangat membuat duka hati. Disana mereka hidup dalam suasana terburuk. Mereka hidup dengan banyak keterbatasan baik dari sektor kebutuhan ekonomi dll.
Apa persoalan ini dibiarkan dengan begitu saja tanpa ada penegasan yang ketat dari berbagai elemen entah dari pemerintah maupun lembaga-lembaga yang mengatur tentang masyarakat. Apa gunanya pemerintah di Tanah Papua kalau tidak ada pertanggung jawaban yang jelas dari berbagai elemen terhap mama-mama Papua. Dan jangan sampai membiarkan mama-mama Papua menderita dengan banyak keterbatasan hidup. Apalagi kebutuhan mereka tidak dijamin dengan baik dari pemerintah maupun dari elemen lain.
Dengan melihat keterbatasan dari mama-mama Papua yang sampai saat ini masih belum ada respon dari pemerintah. Maka, yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah Provinsi dan daerah terhadap mama-mama Papua. Agar secepatnya membuat peratuaran daerah atau peraturan khusus untuk mama-mama Papua. Sehingga dengan adanya peraturan ini yang mana peraturan ini menangani dalam hal “ (1) Memberikan tempat-tempat jualan yang semestinya bisa menjual dengan keadaan yang aman, (2) memberikan pasar yang baik sehingga mereka bisa menjual dengan aman pula.
Saya rasa hal ini adalah jalan terbaik bagi pemerintah agar secepatnya mengambil ahli. Sehingga dengan segera melakukan program kerja dalam menangani mama-mama Papua yang sampai saat ini hidup dalam penderitaan. Mama-mama Papua akan semakin senang, apabila pemerintah melakukan program ini dengan segera untuk mama-mama Papua.
Dengan demikian, duka- dari mama-mama Papua akan menghilang dengan sendirinya. Itu juga apabila pemerintah Provinsi maupun Daearah melakukan program itu. Dan jika dibuat program itu, maka mama-mama Papua akan semakian senang dan gembira diatas tanah Papua.(Bedei Kigiba/SA)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Kehidupan Mama-Mama Papua, Masih Memprihatinkan