BREAKING NEWS
Search

Luu udah coblos voting legislatif ,,,?” Tanya Sopir orang Jawa .

Oleh : Yunus Ekii Gobai
Poto: Yunus Ekii Gobai
Hari ini saya bosan mendengar seputar masalah legislatif di tingkat DPRD,DPRP dan DPR RI  jalur voting pemungutan suara.Sementara saya berbaring ditempat tidurku panggilan masuk di HP saya, langsung saya menyapa seperti biasanya saling tanya kabar, sebelum saya bertanya keadan di sanan (Papua) langsung di potong percakapan saya ,lalu dia mengatakan;

 “kami sibuk kesana kesini urus pencoblosan untuk pemilihan suara” jawabnya saat saya bertanya Kabar.
Waduu,,,!!! Sayang-nya..


Setelah pemilihan selesai ,dan saat dia duduk di kursi Legislatif dia akan  perhatikan Anda itu boleh, Tetapi jangan sampai dia tidak lihat Anda, rugi di atas rugi itu tidak logis ; kata saya kepada  si komunikan. 

Saya katakan itu karena melihat pengalaman Legislatif sebelumnya, apa yang terjadi selama ini, ketika menduduki bangku parlemen alias legislatif  jarang sekali sampai-sampai bisah katakan tidak pernah memperhatikan rakyat kecil. Padahal momen kampanye sampai pemilihan suara itu rakyat kecil mereka yang sibuk kesana kesini itu di lihat macam kacang~kacangan. Dan saat-saat kompanya “ mereka berdiri dengan tegah, percaya diri, dan mengeluarkan Visi dan Misinya, yang selalu diawali dengan kata “KALAU saya....,AKAN ...?  yang bersifat Menjanjian kepada Masyarakat,  contohnya Pendidikan Gratis, akan membangun Jalan transportasi, da lain-lain. 

Anehnya apa yang terjadi saat  orang tersebut dipilih untuk Mewakili Masyarakat untuk duduk di bangku Legislatif, Mereka  malah berpoya-poya, sombong di depan rakyat kecil yang kasih suara, aneh di depan mereka Naik mobil kaca gelap haaaee lucuh.  Salah satu dampak Negatif yang terjadi yang  lakukan oleh setelah votum menjadi legislatif adalah mengkonsolidasi Nepotisme itu tertinggi, tidak di pikirkan jiwa universal sebab itu yang di persoalkan,,? Aneh tidak di pikirkan jiwa sosial.

Seuasai Percakapan bersama , Tadi siang waktu Jawa, saya  mengunjungi kakaku di kost, dalam perjalanan saya dikagetkan lagi dengan pertanyaan yang sama oleh Sopir Taxi orang jawa ;


 “ luu sudah coblos voting legislatif atau belum,,,? “
 “ Nggapain sih untuk di pilih sibuk kesana kesini.” Jawab saya ikuti logatnya mas Sopir
“ Mengapa argumen,,,? Tanya lagi

Karena di lihat pengaman apriorinya masyarakat Berikan  tetapi, ngga pernah ada kesejahateran untuk rakyat kecil, mala  di balik itu merugikan masyaraakat kecil tidak peduli sama rakyat, asas kognitif saya jangan sampai menjaga antisipasi untuk periode ini juga lakukan , naah dari itu  untuk pribadi saya tidak partisipasi dalam pencoblosan”  ujar saya. 

 Lanjut oleh saya;
 Teransparan ungkap, kami Bangsa Papua Barat sekaran berjuang bicara berkaitan dengan “HAK MENENTUKAN NASIB SENDIRI DI ATAS TANAH KAMI” Alias (M) kami tidak bisa berfikir dan tidak bicara hal lain di luar Agenda prioritas kami untuk REFERENDUM. “

Pemilih Tahun 2014 merupakan kependudukan ilegal di atas Tanah Papua Barat, Namun kami tidak bisa pencblosan ini. kata saya dengan tegas. Biar indonesia lakukan cara halus seperti pemilihan legislatif otonomi plus, UP4B dan lain, tetapi Papua tetap merdeka (M). 

Tuhan terimakasih semuanya yang kami lakukan entah jalur baik dan tidak baiknya semuanya kami serakan kepada ~Mu.

Penulis Adalah Mahasiswa Papua Kuliah Di Bogor .Jawa Barat.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Luu udah coblos voting legislatif ,,,?” Tanya Sopir orang Jawa .