BREAKING NEWS
Search

Masalah membuat diri kita menjadi lebih Dewasa.



Oleh : Gobai Anselmus 
 
Foto : Ist /AG/KM
Masalah , kita sebagai manusia kita akan berhadapan dengan masalah tersebut, tidak ada seorangpun yang luput dari pada masalah. Tidak ada hidupan tanpa masalah, bahkan untuk seseorang yang sangat kaya raya sekalipun. Sehingga ada pepatah yang mengatakan "bersahabatlah dengan masalah dan masalah pun akan bersahabat dengan kita".

Bapak Pendeta pernah menyampaikan dalam kotbhanya saat Paskah bersama IPMANAPANDODE (ikatan Pelajar dan Mahasiswa, Nabire, Paniai, Dogiyai dan Deiyai)  yang diselenggarakan tanggal 26 April 2014 bertempat di Asrama Kemasan (Asrama Papua) bahwa “Manusia punya masalah dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik di dalam keluarga, sekolah maupun lingkungan sekitarnya.”

Nah masalah – masalah tersebut kita dapat jumpai saat setiap  kehidupan kita , seorang peneliti yang berprofesional pun Setiap penelitian yang dilakukan, juga harus menemukan sebuah masalah yang harus diteliti dan dipecahkan dalam kehidupan.
Problem biasanya dominan  terjadi  dimana  tempat kita berada atau berdomisili disuatu wilayah atau tempat, masalah tersebut juga tidak memangdang usia ,kepada siapa saja ,
baik itu, anak mudah , dewasa, orang tua, maupun sesame  . sehingga masalah
terjadi, dimanapun dan kapanpun dalam siklus hidup manusia.

Penyebab masalah juga dapat terjadi karena pebuatan, perkataan dan kelalain yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok   dalam kehidupan sehari hari, baik itu dalam ilmu pengetahuan maupun dengan  anggota keluarga, tetangga,dan sesama manuisa  sendiri maupun sebaliknya orang lain kepada kita.

Sehingga mengakibatkan  banyak permasalah dalam hidup, kita susah untuk memecahkan ,mengambil solusi yang tepat dan akurat, sehingga kita kadang kadang takut dan biasanya lari dari pada masalah tersebut. Dan kita dituntut untuk Kuat dan menghadapinya, karena bilah kita tabah menjalaninya maka , masalah yang kita hadapi tersebut membawa kita kepada yang namanya kedewasan Mentalisme.
Bilah kita lari dari kenyataan (masalah) yang kita beranggapn kecil, maka kita tidak akan pernah menemukan untuk memecahkan Masalah yang Besar. Sebaliknya ,bilah kita setia dan siap menerima masalah  yang kecil maka kita pun dapat memecahkan masalah yang besar pulah.

Maka, jangan lari dari masalah tapi hadapilah itu sebagai pedoman hidup kita,dan jangan tunggu sampai besok apa yang kita selesaikan hari ini,semoga bermanfaat dan tuhan yesus  memberkati kita semua.


Refresing 

Ingat teman teman para pembaca www.kabarmapegaa ? Suatu masalah,  baik itu maslah besar maupun kecil dalam kehidupan sehari hari, kita harus tabah untuk menghadapi dan melawan karena  masalah membuat watak kita, bertumbuh dan berkambang seperti metamorposis pada katak yaitu : perubahan bentuk dari satu fase ke fase berikutnya hingga menjadi organism dewasa.

nah,sama seperti itu, kalau kita menghadapi banyak masalah, tantangan ,godaan, rintangan ,watak, pikiran serta sifat kita  sedikit demi sedikit berubah karena  bertumbuh dan berkembang menjadi manusia yang utuh dan dewasa dalam berpikir logis sehingga bisa berdiri sendiri untuk menghadapi semua tantangan dalam hidup.

Penulis adalah Mahasiswa Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Masalah membuat diri kita menjadi lebih Dewasa.