BREAKING NEWS
Search

Minuman keras-Beralkohol itu “mematikan daya berpikir, memendek umur, dll.

Oleh : Marchello Uwigibuy Yogi .

Katakan ;  Stop Miras Beralkohol
Stop______stop________stop...Yes Stop.

Foto :Ist Editing /KM.
Kutipan tersebuat ini menjadi Thema dan  topik utama yang telah diskusikan pada Rapat Ikatan Pelajar & Mahasiswa Paniai (IPMAPAN) kota study yogjakarta, pada 05/05/2014, pukul 05.00 sore Wib.

Hal ini sangat penting didiskusikan, sebab  mengingat  pengalaman yang telah terjadi diakhir-akhir ini berakibat fatal hingga korban jiwa, jumlah pengonsumsi Minuman keras Beralkohol pun semakin meningkat. Maka, dengan itu Pada diskusi kali ini kami laksanakan untuk saling mengingatkan satu sama lain, antara senior dan yunior tentang bahaya minuman keras bagi kesehatan, bila mengonsumsi minuman keras yang berlebihan. Tidak hanya itu, orang lain (jawa,batak serta daerah lain)  memandang kita, mengonsumsi miras (minuman keras) ini adalah kebiasaan yang turun temurun dari nenek moyang kita. Pada hal, tidak seperti itu dan juga tidak ada tanaman dari nenek moyang kita yang menghasilkan miras beralkohol ini. Pandangan orang lain terhadap peminum minuman keras ini, yakni tukang reseh, perampok, penjahat, preman, dll.

Stigma seperti ini akan berdampak pada semua mahasiswa papua, sehingga mahasiswa Papua selalu mengalami kesulitan dalam mendapatkan kos-kosan yang layak dihuni. Untunglah kita bahwa, pemerintah lokal telah membelikan asrama yang permanen. Asrama itu tempat belajar, bukan untuk melakukan hal-hal lain yang merusak Generasi. Dan kita pun dituntut untu Merawatnya, kalau kita tidak merawatnya bagaimana dengan adik-adik kita yang akan datang ,  adik-adik yang akan datang juga melanjutkan pendidikan mereka dikota study ini, mereka akan tinggal dimana? Mereka akan tinggal diasrama, pastinya. Maka itu kawan-kawan marilah kita jaga Asrama kita. Sesuai dengan Tema HUT asrama kita pada 9 pebruary 2013 lalu.  “Asramaku, Masa Depanku”.

Ya..Memang minum (mabuk) adalah hak setiap orang untuk menghilangkan masalah pribadi, seperti beban, stress, dll. Tetapi kalau larut dalam hal itu dampaknya negatif yang terjadi besar dan meluas. Bila ada masalah, boleh, kan  dikomunikasikan kepada kaka, teman dan atau adik yang anda percaya. Siapa tahu, anda mendapatkan solusi dari mereka. Minuman keras (miras) tidak ada solusi yang anda dapatkan dari masalah yang anda hadapi.

Berikut ini hal-hal penting yang harus kta ketahui bersama seputar bahaya Mabuk :
1.   Apa minuman Keras Beralkohol itu ?
Minuman keras - beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif, bila mengonsumsi akan menyebabkan penurunan kesadaran. Diberbagai negara, dibatasi sampai sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang melewati usia tertentu saja, tetapi bagi kita orang papua tidak ada batasnya. anak kecil, remaja, dewasa, tua dan juga mudah semua pesta miras (mabuk). Seolah – olah minuman keras itu budaya orang papua, pada hal tidak. Minuman keras beralkohol itu, dibatasi sampai usia tertentu. Sesuai rekomendasi pabrik pembuat. Kata Dr. Aditya jogya.

2.   Apa sih, alkohol itu?
Alkohol adalah zat yang paling sering salahgunakan oleh manusia. Lalu alkohol itu biasanya diperoleh dari fermentasi madu, gula, sari buah atau umbi-umbihan. Dari fermentasi tersebut, porsentase alkoholnya smapai 15 %. Setelah dicampur dengan ethanol tadi.

3.    Dampak yang ditimbulkan akibat miras
Dapat dirasakan beberapa menit saja. Bila dikonsumsi berlebihan, banyak sekali efek yang akan muncul merasa dirinya lebih dan atau mengekspresikan dirinya, tanpa perasaan terhambat, menjadi emosional, seperti : sedih, senang, dan marah secara berlebihan. Selain itu, muncul akibat fisik-motorik, pandangan menjadi kabur, bisa sampai tidak sadarkan diri. Kemampuan mental jadi hambatan.  Pengonsumsi merasa dirinya dapat mengontrol dirinya dan mengontrol tingkalakunya. Akibat dari itu, banyak ditemukan kecelakaan mobil, motor yang disebabkan karena mengendarai dalam keadaan mabuk. Selain itu pula, terancam masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit liver dan kerusakan otak. Lebih bahaya lagi sekali minum dicampur alias “soda”, ka ini. Dong bilang.

Lalu mereka yang biasa mabuk itu, ketagihan. Biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol. Sindrom Putus Alkohol yaitu rasa takut diberhentikan dari minum-minuman beralkohol. Kata dr. Aditya. Yang juga Alumnus Univ. Panjajaran Bandung. Ketika diskusi tentang hal ini, di Klinik.

4.    Para pembaca yang budiman
Minuman keras-Beralkohol itu  “mematikan daya berpikir, memendek umur, dll. Kata, dr. Adtya jogya.

Mari kitong hentikan Miras, Miras dapatkan membahayakan kesehatan tubuh kita, Miras beralkohol juga bukan budaya, kan ? sobat –sobat, orang lain menstigma kita sebagai pemabuk, perampok, tukang reseh. Dll. Iyoo, to?..su tau..baru.
 
Saudara dan saudari kitong juga jangan lupa orang tua kita yang ada di kampung halaman. Luwangkan Waktu sebentar (5 menit) kawan-kawan Generasi Penerus bangsa memikirkan mereka dan renunkan. Apa yang mereka sedang lakukan untuk kita ?, Mereka selalu memikirkan kita yang jauh dari mereka, dibanding saudara-saudari kita yang ada disana (papua). mereka mencari uang dengan susah dan payah buat anak – anak (kita)  yang sedang kuliah jauh dari mereka. Sedikit yang mereka dapatkan dengan susah payah itu, mereka kirim buat kita, dengan harapan untuk melunasi perkuliahaan dan untuk makan, minum. Bukan untuk membelih sesuatu yang belum tentu bermanfaat bagi tubuh kita.

Sekedar  untuk kia ketahui
Inilah harapan dari keluarga terhadap anak-anaknya. Tangisan Orang tua adalah harapan untuk anak, agar sukses dikemudian hari. Sehingga bisa membahagiakan orang tua kembali. Kau adalah orang besar, yang bisa mengubah kebiasaan buruk menjadi baik yang bisa mengubah  hal biasa menjadi luar biasa Hanya tergantung dari diri pribadi kita.
 

Penlis adalah Mahasiswa Papua yang sedan kuliah di Yogyakarta.


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Minuman keras-Beralkohol itu “mematikan daya berpikir, memendek umur, dll.