BREAKING NEWS
Search

Junior Kuat atas dasar Pengalaman Senior

Ilustrasi : Senior vs Junior/Editoring@KM/admin
“Senior mendahului segalah hal dalam suka dan duka menjalani Hidup,lalu Junior melangkah atas dasar pengalaman Seniornya”

Senior adalah orang yang lebih duluan dari Junior yang mempunyai pengalaman yang cukup luas dari pada Junior, baik  dalam hal ilmu pengetahuan ,tingka laku , gaya berfikir maupun pola gaya hidup dalam  berorganisasi ,bermasyarakat maupun dunia pendidikan tentunya.

Walaupun Umur senior lebih mudah dari junior, namun senior tetap senior dan Junior mesti menghargai dan bertanya kepada Senior baigaimanapun situsi walau kita mengetahui sebelumnya atas apa yang kita ingin bertanya.

Dalam kehidupan sehari - hari kadangkala Junior merasa diri telah mengetahuinya sehingga menyombongkan diri dan menjauhkan diri terhadap para Senioritas, kadang juga Junior menyamakan kedudukan ,misalnya contoh kecil dalam kehidupan Senior Vs Junior , Junior sering menganggap dirinya juga sama posisi (Mahasiswa vs Mahasiswa, dll) dan tak pernah merasa kalau lebih duluan dari Junior itu siapa  ,sehingga menciptakan pemisahan  jarak bersama Senioritas, baik itu dalam hal berkomunikas, bersapa, sering membagi pengalaman, berdiskusi  dan lain halnya.
Pada hal mereka (Senioritas) mempunyai pengalaman yang begitu luas, mereka sudah  mengalami sebelumnya suka maupun duka dan mereka sudah menghadapai tantangan, rintangan dan cobaan cobaan dalam hidup  , namun Junior  selalu bersikap cuek, acuh tak acuh kepada Senior dan tidak mau belajar dari mereka .

Namun Senior pun harus menerima masukan dari Junior sebab kadang juga junior merasa tidak senang saat pendapatnya tak dianggap penting (abaikan), sesuatu yang tidak masuk akal . seandainya hal itu terjadi maka junioar akan mencari cara dan akan memilih jalan satu-satunya yaitu “Hidup Mandiri lebih baik”  dan Junior takkan pernah anggap kalau mereka adalah Seniornya.
Lalu siapa yang benar dalam hal ini , Senior ? ataukah Junior !

Bagaimana solusinya ?

Inti dari semuanya adalah saling Hargai, saling berpengertian, mencari solusi bersama, menerima teguran dari Senioritas atas kesalahan yang junior lakukan, menerima masukan dari Junior buat senior sebab menurutnya ada sesuatu yang kurang beres atas d dirinya (Senior), menciptakan keterbukaan dan mau menerima pendapat tentang diri kita (senior maupun Junior). (KM/Admin)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Junior Kuat atas dasar Pengalaman Senior