BREAKING NEWS
Search

IPMAPA Yogyakarta Bangkita Lagi, Setelah Vakum Selama 5 Tahun



Fhoto bersama seusai kegiatan Upacara pelantikan badan pengurus ikatan mahasiswa pelajar (IPMA) Papua kota study yogyakarta periode 2014-2016 ,pada hari jumat04-juli-14 bertempat Aula Asrama Kamasan I  Jln. Kusuma Negarar,  Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yogyakarta ,Kabar Mapegaa.  Upacara pelantikan badan pengurus ikatan mahasiswa pelajar (IPMA) Papua kota study yogyakarta periode 2014-2016 , telah dilaksanakan pada hari  jumat (04-07-14) bertempat Aula Asrama Kamasan I  Jln. Kusuma Negarar,  Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam upacara pelantikan  tersebut dihadiri dari Pemda Papua dalam hal ini yang mewakili Bapak Drs. Beny Dimara, Pemda Daerah  Istimewa Yogyaka Bpk, Drs. Rudiyanto. Polda DIY Bapak Drs. A. Jezawan, Dinas pendidikan DIY  Ibu Dra.Ratih Datriny serta para undangan dari berbagai pihak instansi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta  Juga perwakilan dari Orang Tua Wali seluruh Mahasiswa dan pelajar daerah istimewa yogyakarta yang berasal dari 7 wilayah adat Mapua, yakni : Mamta (Papua Timur Laut), Saereri ( Papua Utara/Teluk Cenderawaih), Domberai (Papua Barat Laut), Bomberai (Papua Barat), Anim Ha (Papua Selatan) La Pago (Papua Tengah), dan Meepago, ( Papua Tengah Barat).

Dengan thema “ dengan IPMA Papua merilah kita bergandengan tangan untuk menjadi mahasiswa/i yang pluralis, Hummanis dan Dinamis yang siap membangun tanah paua”

Acara jalannya seluruh rangkaian/susunan acara pelantikan Badan Pengurus  Ikatan Mahasiswa pelajar  (IPMA) Papua  yakni : upacara pembukaan, doa pembukaan , menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan himne Papua ,pelantikan Badan Pengurus, selingan lagu, sambutan-sambutan dan photo bersama.

BPH sementara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dengan terbentuknya IPMA Papua ini agar menciptakan rasa aman, damai, rasa persaudaraan antar warga sekitarnya, berupayakan untuk kedepan lebih membangun sumber daya manusia yang mandiri yang siap membangun Papua.

Kami mengharapkan juga agar, seluruh anggota  aktif dalam kegiatan –kegiatan yang akan kami lakukan dalam organisasi yang telah terbentuk ini, juga mari kita membangun komunikasih yang baik dengan warga sekitarnya agar keberadaan kami di DIY adalah juga adalah bagian dari masyarakat DIY itu sendiri.  tegasnya.

Lanjut sambutan yang kedua  dari Perwakilan orang tua /wali oleh Bpk  Jhon Daat , S.Com dalam sambutannya menyampaikan apapun yang kamu lakukan disini yang baik , menciptakan suasana aman dan damai maka secara Otomatis kamu akan pergi membagun Papua tercinta., sebab sikap kita menentukan masa depan kita pulah. ujarnya

Lanjut lagi, dari perwakilan Pemda Papua , saya mewakili Pemda Papua dan Papua barat , Hampir seluruh persoalan yang ada di Yogyakarta ini disektor oleh se-suku dan saya kira hampir semua terlibat dalam semua persolaln yang ada di yogyakarta ini sehingga bebberapa hari yang lalu.  Lakukan diri anda  di kota yogya ini   sebagai Mahsiswa/i papua yang bangga dengan sumber daya alamnya tetapi kita punya kemampuan yang cukup untuk bersaing dengan siapa saja itu sebab saya. Membagun kembali citra diri papua, mar kita memperbaiki semuanya agar orang memandang kita Orang papua “Hitam Manis”

IPMA Papua ,5 tahun menjadi kevakuman namun kini telah membangkitkan kembali IPMA Papua ,Saya berharap dengan terlantiknya IPMA Papua tahun ini ,agar kita lebih baik, dan menjadikan yogya sebagai Rumah kita sendiri. Mari kita bergandengan tangan untuk menjadi mahasiswa/i yang pluralis, Hummanis dan Dinamis yang siap membangun tanah Papua. Tegasnya.

Lanjut sambutan dari Pemda DIY bahwa Bergerak juga untuk koordinasi dengan pemeritah daerah dalam hal ini , kami dari pemdah    berharap agar IPMA papua juga bergabung dalam ikatan Keluarga Mahasiswa Indonesia (IKBMI) daram rangka kegiatan-kegiatan yang selalu diadakan setiap tahun.  Salah satu contoh yang selalu diadakan adalah  Pameran budaya bertempat  0 kilo meter (malioboro) jadi ada hubungan komunikasih antar mahasiswa itu sendiri. Juga tingkat pendidikan  thema bakti Pemuda agar menjadi pemimin yang berpropesional, agar kembali kepapua dapat membagun Tanah papau, tetapi membangun tidak harus kembali ke Papua. Tetapi jiwa memimpin/membangun itu dapat diterapkan dimana anda berada. Ujarnya.

Papua adalah pulau yang luas sebagaibamana yang telah sebut tadi terdapat tujuh wilaya, namun disini berpandang kalau Papua adalah satu, contonya mahasiswaa yang berasal dari biak atau dari  merauke yang membuat kekacauan disisni mereka tidak akan menyebut orang biak  atau orang merauke tetapi akan menyebutnya itu orang papua. Katakanlah sakit satu semuanya merasahkan oleh karena itu komunikasi yang baik antara IPMA Papua dengan Pemerintah DIY harus ditingkatkan, tegasnya.

Selanjutnya Polda DIY dalam sambutannya mengatakan bahwa ; Saya atas nama Polda DIY menghimbau kepada Mahasiswa/i Papua, Mari kita bergandengan tangan meningkatkan bekerja sama dengan IPMA Papua untuk menciptakan suasana aman ,damai dan rasa persaudaraan antar kita.

Kami Polda DIY  menghimbau juga  kepada suadara-saudara yang telah terpilih menjadi Presiden beserta jajarannya  IPMA Papua,  kalian  tela besumpah, telah menandatangi yang mana telah disaksikan oleh berbagai instansi dan seluruh mahasiswa/i Papua , kami berharap agar komunikasih antar IPMA Papua dengan Polda DIY  selalu terjaga dengan baik, dan bagaimana cara anda untuk membawa mahasiswa Papua ke jalan yang baik sesuai dengan Thema yang IPMA Papua tersebut.

Lanjut lagi dari perwakilan perempuan Papua, juga mengatakan bahwa ;Marilah kita bersama-sama  meningkatkan kesadaran  untuk melihat kembali keberadaan kita disini (Yogyakarta) , untuk apa kita disini agar kita dedepan lebih berguna bagi Papua, berguna bagi Orangtua kita, berguna bagi diri kita itu sendiri. Ujar dalam sambutannya perwakilan Perempuan papua.

Dan yang terakhir Presiden terpilih IPMA Papua  dalam sambutannya  mengucapan terimaksih atas yang mana telah memilih untuk  membawa IPMA Papua pada periode 2014-2016 .  

Lanjut lagi ; Setelah pemekaran banyakk kabupaten  sisi lain pemekaran itu bagus, tetapi sisi lain pemekaran itu membawa korban bagi masyarakat ,hal itu bukan rahasi umum tetapi mejadi rahasia yang lebih umum lagi, Lanjut, kami juga ingin menjadi mahasisa yang terpelajar . independen , juga menjadi mahasiswa/i yang mandiri , menjadi mahasiswa/i siap membangun tanah papua. 

lanjut ; Indonesia di papua itu letaknya sama tetapi ada sejarah yang tersembunyi yang harus kita menggali dan lihat sama-sama, melihat situasi yang dibagun , sebab ada yang mengadu-domba sebab kita sama-sama ciptaan Tuhan. ujarnya .

Lanjut ; Ada oknum-oknum tertentu yang merusak nama baik Papua , sehingga kami (mahasiswa papua) dipandang warga sekitarnya sebagai orang yang suka membuat onar ,pemabuk ,dll.  Kami bukan pemabuk, kami bukan pembuat onar , Maka itu untuk kedepan ,kepada polda DIY bila ada momen-momen tertentu yang kurang baik tolong mengamankan dengan baik.

Bilah kedapatan  teman –teman Papua yang mabuk di jalan, tolong mengamankan denga baik, dan jangan sakiti mereka , dan kalau saya sendiri yang melihat teman-taman mabuk di jalan , maka saya akan pukul. Tegasnya.

Sementara itu hasil pantauan dari Redaksi kabar mapegaa, dalam kegiatan Pelantihan BPH IPMA Papua berjalan dengan lancar walaupun sedikit telat dengan waktu yang ditentukan, yang mana harunya  mulai pukul  09-00 WIB namunu  bar dimulai Pukul  09.40 WIB. disebabkan kerena hal satu dengan yang lainnya.

Kami Mahasiswa Papua bukan pemabuk, bukan pembuat onar dll, tetapi  kami adalah mahasiswa Papua yang berjiwa kemandirian ,mahasiswa Papua yang berbudaya , dan memiliki rasa kekeluargaan yang kokoh, yang siap membangun Papua dan Papua Barat nantinya . 

kami juga telah membuat suatu tim khusus dalam hal menahani mabuk dan laninya yakni KANSAS (Suatu saat kami Akan Sadar) .ujar Ketua IPMA Papua (Aris Yeimo ) kepada Redaksi Kabar Mapegaa, siang tadi.(manfred.k/KM)



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “IPMAPA Yogyakarta Bangkita Lagi, Setelah Vakum Selama 5 Tahun