BREAKING NEWS
Search

KULIAH MENJADI PINTU MENAMBAH PENGETAHUA BAGI GENERASI MUDA UNTUK MASA DEPAN



Oleh : Frans Y. Pigai
Photo Ist Doc F.Y.P/KM

Pengetahuan adalah ilmu yang harus dicapai oleh para pelajar Mahasiswa yang yang menjalani dalam sebuah proses pendidikan salah satunya di tingkat perkuliahan. Dengan ilmu yang di pelajari manusia akan terbentuk menjadi menusia terpelajar dalam proses pembelajarannya. Namun, ilmu pengutahuan yang dimiliki melalui proses pendidikan menjadi pintu menuju kesuksesan demi masa depan bangsa maupun negara, itu pula jikalau manusia akan memaknai pentingnya pendidikan yang ada di negara ini bagi generasi muda bangsa.

Maka, dalam mengambil pendidikan di bangku perkuliahan, para Mahasiswa harus yakin dan percaya untuk mempelajari ilmu pengetahuan yang ada di bangku perkuliahan, karena pendidikan yang kita pelajari di bangku perkuliahan akan menambah pengetahuan yang setidaknya kita tidak dapat selama kita berdidikan di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Ataupun akan menambah atau meningkatkan pengetahuan yang kita dapatkan ketika kita di bangku SMA, namun ketika kita berada di tingkat perkuliahan akan mempelajari lebih mendalam lagi, yang sebelumnya kita sudah pelajari ketika kita berpendidikan di bangku SMA maupun di bangku-bangku sebelumnya.

Pendidikan di bangku perkuliahan merupakan pendidikan yang terakhir yang harus kita penuhi dengan ilimu pengetahuan yang ada di bangku perkiuliahan, karena Ilmu pengetahuan yang kita pelajari di bangku perkuliahan menjadi pintu menuju keberhasilan untuk menentukan masa depan kita. Karena keberhasilan yang kita dapatkan ini, akan memenuhi dalam kehidupan diri pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa maupun negara.

Pengetahuan tidak sekali pun di batasi oleh siapapun, karena pengetahuan ini merupakan pintu keberbukaan bagi siapapun yang ingin memiliki ilmu-ilmu yang tercantum dalam sebuah proses pendidikan. Kuliah bukan sekedar saja kita menambah ilmu pengetahuan, tetapi bagaimana kita harus bertindak untuk membangun bangsa dan negara, berupa pengetahuan yang kita pelajari dan miliki dalam proses pendidikan.

Manusia akan di bentuk karena adanya pendidikan, namun dengan pendidikan itu, cara berfikir seseorang akan lebih profesional dan lebih maju dalam menentukan sebuah karya yang di bangun dalam sebuah proses pembagunan di daerah, bangsa maupun di negara. Pendidikan yang kita pelajari dengan sungguh-sungguh, hasil pun juga akan memuaskan sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan yang penuh dalam mengambil sebuah proses pendidikan bangku SD-Perkuliahan ini.

Maka, pertanyaan yang muncul didalam pemikiran saya yang saya rumuskan dalam permasalahan ini untuk menetukan keberhasilan masa depan dengan ilmu yang di pelajari di tingkat perguruan tinggi, yaitu mengapa saya harus kuliah ? Untuk merumuskan pertanyaan mengapa saya harus kuliah, kita sebagai manusia kita sadari bahwa mengapa saya harus kuliah. Kuliah merupakan pendidikan terakhir untuk menentukan hasil terakhir demi masa depannya. Dan saya harus kuliah ini, bukan karena kepentingan diri pribadi saya sendiri, akan tetapi untuk kepentingan bersama, entah itu kepentingan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Perlunya kuliah karena kuliah juga merupakan ilmu pengetahuan yang haru di pelajari bagi para pelajar Mahasiswa untuk menambah wawasan bagi seseorang dalam mempelajari ilmu-ilmu yang sudah ada dan di terapkan di tingkat perguruan tinggi. Sebab, dengan proses perkuliahan manusia akan terbentuk dengan berwawasan yang berprofesional dan pemikiran yang cerdas dalam membangun bangsa dan negaranya. Dengan kecerdasan intelektual manusia akan menjadi pemeran utama dalam pembangunan demi mensejahterakan bangsa dan negara dalam kehidupan bermasayarakat di daerah setempatnya.

Oleh karena itu, pendidikan di bangku perkuliahan menjadi pintu menuju keberhasilan bagi para palajar Mahasiswa, sesuai dengan ilmu yang di pelajari untuk menambah pengetahuan terakhir untuk menentukan masa depan bangsa.

Penulis adalah mahasiswa Papua yang sedang kuliah di Universitas Dr. Soetomo Surabaya (UNITOMO).



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “KULIAH MENJADI PINTU MENAMBAH PENGETAHUA BAGI GENERASI MUDA UNTUK MASA DEPAN