BREAKING NEWS
Search

PENTINGNYA MERUMUSKAN NILAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN


Ilustrasi@ Universitas Gadjah Mada (UGM)
Oleh: Frans Y. Pigai

Dalam proses pembelajaran, guru maupun dosen perlu merumuskan nilai-nilai yang di peroleh sesuai dengan kemampuan yang di miliki oleh pelajar ataupun Mahasiswa. Bahkan mampu mengatasi situasi selama berjalannya proses pembelajaran. Perlu juga dilihat dari masalah-masalah yang di hadapi oleh para pelajar atau pun Mahasiswa, ketika berjalannya proses pembelajaran di sekolah atau di kampus. 

Perumusan nilai akan menentukan kemampuan pribadi maupun masalah-masalah yang di hadapi oleh para pelajar atau Mahasiswa. Penentuan nilai ini, sangat berpengaruh terhadap perkembangan seseorang dalam menjalani sebuah proses belajar-mengajar di sekolah atau di kampusnya. Maka, para guru atau para dosen akan sangat perlu ber-perihatian penuh terhadap kelakuan-kelakuan yang dilakukan oleh para pelajar atau Mahasiswa, selama berlajannya proses yang dinamakannya belajar-mengajar.

Dengan demikian, guru atau pun dosen perlu mengoreksi kemampun-kemampun dan tingkah laku yang dilakukan oleh para pelajar selama berjalannya proses belajar mengajar di sekolah ataupun kampus tersebut. Di lihat dari sisi untuk menentukan nilai-nilainya, sangat-sangat berpengaruh terhadap pelajar ataupun Mahasiswanya sendiri. Karena para pelajar ataupun Mahasiswa adalah pelaku utamanya untuk menentukan nasibnya sendiri, dalam proses pembelajarannya, demi mendapatkan nilai yang baik. 

Oleh karena itu, untuk menentukan dalam perumusan pengolahan nilai-nilai, sangat berpengaruh terhadap kemampuan atau masalah-maslah yang di hadapi oleh para pelajar ataupun Mahasiswanya sendiri.

Masalah-masalah yang perlu di perhatikan oleh para guru ataupun para dosen, selama berjalannya proses belajar mengajar, untuk menentukan hasil dari perumusan pengolahan nilai –nilai, antara lain: 

1.) Keterbatasan pengetahuan seseorang membuat menindas untuk   menghadapi semua aktivitas atau karya sebagai kewajiban. 2.) Ketidak cocokan metode pembelajaran guru ataupun dosen dengan para siswa atau pelajar Mahasiswa dalam proses belajar mengajarnya. 3.) Masalah-masalah pribadi: Masalah keluarga, yang tidak bisa diatasi, sehingga akan memengaruhi dalam belajarnya.

Masalah sosial, adanya masalah yang terpendam dalam kehidupan masyarakat, hingga akan terpengaruhi dalam belajarnya.

Masalah kenakalan remaja, ikut terpengaruh dengan kondisi atau situasi yang tidak nyaman, sehingga akibatnya akan memengaruhi proses belajar mengajarnya. 

Masalah berpacaran secara berlebihan, dengan hal ini juga akan memengaruhi proses belajarnya. 4. Menggunakan HP di ruang kelas, juga akan memengaruhi untuk berkonsentasi untuk belajar dan juga akan merugikan dirinya sendiri. 5. Menyontek. 

Penulis : Alumni SMA YPPK Adhi Luhur 2014, Nabire, Papua


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PENTINGNYA MERUMUSKAN NILAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN