Ilustrasi@ Universitas Gadjah Mada (UGM) |
Oleh: Frans Y. Pigai
Dalam
proses pembelajaran, guru maupun dosen perlu merumuskan nilai-nilai yang di
peroleh sesuai dengan kemampuan yang di miliki oleh pelajar ataupun Mahasiswa. Bahkan
mampu mengatasi situasi selama berjalannya proses pembelajaran. Perlu juga
dilihat dari masalah-masalah yang di hadapi oleh
para pelajar atau pun Mahasiswa, ketika berjalannya proses pembelajaran di
sekolah atau di kampus.
Perumusan nilai akan menentukan kemampuan
pribadi maupun masalah-masalah yang di hadapi oleh para pelajar atau Mahasiswa.
Penentuan nilai ini, sangat berpengaruh terhadap perkembangan seseorang dalam
menjalani sebuah proses belajar-mengajar di sekolah atau di kampusnya. Maka,
para guru atau para dosen akan sangat perlu ber-perihatian penuh terhadap
kelakuan-kelakuan yang dilakukan oleh para pelajar atau Mahasiswa, selama
berlajannya proses yang dinamakannya belajar-mengajar.
Dengan demikian, guru atau pun dosen
perlu mengoreksi kemampun-kemampun dan tingkah laku yang dilakukan oleh para
pelajar selama berjalannya proses belajar mengajar di sekolah ataupun kampus
tersebut. Di lihat dari sisi untuk menentukan nilai-nilainya, sangat-sangat
berpengaruh terhadap pelajar ataupun Mahasiswanya sendiri. Karena para pelajar
ataupun Mahasiswa adalah pelaku utamanya untuk menentukan nasibnya sendiri,
dalam proses pembelajarannya, demi mendapatkan nilai yang baik.
Oleh karena itu, untuk menentukan
dalam perumusan pengolahan nilai-nilai, sangat berpengaruh terhadap kemampuan
atau masalah-maslah yang di hadapi oleh para pelajar ataupun Mahasiswanya
sendiri.
Masalah-masalah yang perlu di
perhatikan oleh para guru ataupun para dosen, selama berjalannya proses belajar
mengajar, untuk menentukan hasil dari perumusan pengolahan nilai –nilai, antara
lain:
1.)
Keterbatasan pengetahuan seseorang membuat menindas untuk menghadapi semua aktivitas atau karya sebagai
kewajiban. 2.) Ketidak cocokan metode pembelajaran guru ataupun dosen dengan
para siswa atau pelajar Mahasiswa dalam proses belajar mengajarnya. 3.)
Masalah-masalah pribadi: Masalah keluarga, yang tidak bisa diatasi, sehingga
akan memengaruhi dalam belajarnya.
Masalah
sosial, adanya masalah yang terpendam dalam kehidupan masyarakat, hingga akan
terpengaruhi dalam belajarnya.
Masalah kenakalan remaja, ikut terpengaruh dengan kondisi atau situasi yang tidak nyaman, sehingga akibatnya akan memengaruhi proses belajar mengajarnya.
Masalah
berpacaran secara berlebihan, dengan hal ini juga akan memengaruhi proses
belajarnya. 4. Menggunakan HP di ruang kelas, juga akan memengaruhi untuk
berkonsentasi untuk belajar dan juga akan merugikan dirinya sendiri. 5.
Menyontek.
Penulis : Alumni SMA
YPPK Adhi Luhur 2014, Nabire, Papua
0 thoughts on “PENTINGNYA MERUMUSKAN NILAI DALAM PROSES PEMBELAJARAN”