BREAKING NEWS
Search

Bahas MUBES Ke-II Se-Indonesia di Korwil Jayapura : IKAPPMMA Gelar


IST. (Foto : Dok KM)
Jayapura, (KM)--Ikatan Pemuda, Pelajar, Mahasiswa/I dan Masyarakat Agadide (IKAPPMMA) berdomisili kota study jayapura, telah membuka ruang rapat umum seluruh anggota untuk membahas  tentang musyarawarah ke II se- Indonesia agadide pada wilaya jayapura. 

Rapat tersebut, dimulai pada pukul 18.01 WIT yang dipartisipasi seluruh pembina, senioritas, serta  seluruh anggota IKAPPMMA, pada Jumat, (13/03/15) kemarin, di Gubuk Yamewa Kotaraja Dalam, Jayapura, Papua.

Ketua Kordinator MUBES Se-Indonesia pada wilaya jayapura, Yahya Kudiai, membuka rapat dan menjelaskan terkait dengan terbntuknya kepanitian MUBES

Kata dia, sebagai pertanyaan sebelum bericara lebih lanjut mengatakan mengapa terbentuk dan terpilihnya, salah satu badan penyelenggarah (MUBES) KE-II pada keluarga besar Agadide di kabupaten nabire, saat itu.

Alasanya utama kata dia, adalah deklarasinya musyawarah, pertama kali  sejak tahun  2004, dengan realitas di lapangan yang ada. Tetapi, mencetuskan argument baru tersebut secara mengintip-intip,”katanya.  

“untuk itu, kami sebagai generasi muda demi masa depan agadide harus mengkritisi terhadap persoalan tersebut. Kini dan natinya ap yang akan terjadi, yang selalu  mengalami  konflik di atas masyarakar pribumi generasi ke generasi. hal itu, terus ada sehingga peluang yang tepat bagi  kita harus klarifikankan secara mendalam,”kata ketua koorwil se-jayapura Yahya Kudia.

Kudiai juga, menjelaskan kepada seluruh pelaksana kegiatan, kita harus mampu menjadi diri yang bijak dan berusaha membawa mubes ke arah dan tempat yang aman.

Dalam hal ini, demi menyukseskan kegiatan MUBES yang nanitnya di gelar pada bulan juni-juli mendatang. Wilaya jayapura, mendapatkan bagian yang harus kita betangunggungjawab antaranya; 

1.   Uang kewajiban sebesar Rp. 5.000.00; (lima juta rupiah)
2.   Selama prosesi kegiatan berjalan nantinya, harus membawa perlombaha-perlombahan, salah satunya, lomba pidato bahasa Indonesia, bahasa engglish dll.
3.   Harus siapkan kesiapan materi  bersifat mubes nantinya.
4.   Dan belum lampirkan dll..

“Kita perlu bekerja sama dan perlu berpatiisipas dalam kegiatan apa saja, demi mencari dana,”harapnya.

Sementara Kata Pembina  IKAPPMMA, Yulius Nawipa, mengatakan, pembentukan panitia MUBES itu, yang diseponsori dalam pengeluaran surat mandat  yang layak. Karena menurutnta, tidak illegal,”katanya.` 

Sebagai tawaran dan pertimbangan yang harus dipikirakan sebagai kordonator dan kepada kita semua bahwa, panitia yang telah dipilih itu, menjadikan panitia pra-Mubes, istilahnya panitia kelengkapan bahan bahan perlengkapan nantinya,”pungkasnya.

Sedengkan Nikodemus bunai, yang sebagai seniorotas IKAPPMMA  menjelaskan terkait dengan letak geografis agadide ketiga distrik ini.

Kata dia, ketika orang melihat dari ibu kota paniai ke ana agadidenya tetutup, tetapi kalau kita sampai pada tempatnya, yaitu agaide. “Waa durasinya sanga luas,”katanya.

“pantas karena, d agadide, kab. Paniai banyak persoalannya yang harus ditangani,”jelasnya.

Niko menambah lagi, kaita harus metubah, paradikma lalma menjadi baaru. Dari yang gelap menjadi terang. Hanya melalui MUBES, kita bisa mengatasi masalah-masalah di agadie, kab. Paniai,”harpanya,”katanya.(Yosafat Mai Muyapa/KM)










nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Bahas MUBES Ke-II Se-Indonesia di Korwil Jayapura : IKAPPMMA Gelar