BREAKING NEWS
Search

Pentingnya Pohon Bagi SDM

Yustus Muyapa (Foto : Dok Prib/KM)
Oleh : Yustus Muyapa

Pohon atau yang sering dikatakan kekayaan alam merupakan kebutuhan pelengkap bagi Sumber Daya Manusia (SDM). Dan pastinya, sumber daya manusia sangat membutuhkannya.  Itulah ciptaan Tuhan. 

Pada kekayaan alam, seperti pohon dapat dibagi menjadi 2 yaitu induk pohon dan anak pohon. Induk pohon merupakan pepohonan yang terpilih di antara pepohonan yang berada pada suatu area dan pengelolaan. Itu merupakan pohon besar. Sementara anak pohon merupakan pohon besar yang melahirkan anaknya sehingga bertumbuh menjadi besar.
 
Ada pirbahasa mengatakan pertumbuhan pohon dan pertumbuhan manusia sangat beda.

Mengapa demikian? Sebab, pertumbuhan pohon, sangat lama, tumbunya. Akibatnya menonjol tanah yang bergemur atau tanah yang berorganik sangat bertumbuhan sesuai dengan mekanisme pada tahapan pertumbuhan.
 
ketika pohon bertumbuh,  kita sebagai sumber daya manusia (SDM) perlu merawat dan melindunginya. Karena pohon sangat diperlukan bagi manusia. 

Sementara pertumbuhan manusia sangat cepat. Ketimbang dengan  pertumbuhan pepohonan. Namun, kita bisa mendeteksi umur dan tidaknya.

Untuk itu, pepohonan yang sangat kaya raya di tanah papua. pada dasarnya, sangat beranekaragam. Dan pastinya, dengan keberadaan kekyaan itu sangat bermanfaat bagi sumber daya manusia.

Berdasarka hal diatas, ketika terjadi kehancuran. Maka, sebagai tindakannya ialah mereboisasi kembali (penghijauan kembali)

Yustus Muyapa Penulis di Media Online Kabar Mapegaa (KM)



TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Pentingnya Pohon Bagi SDM