BREAKING NEWS
Search

PERLU ADANYA KESADARAN DIRI ( Intropeksi Diri )


Yohanes. A Agapa/ Foto: Dok/ Pribadi/ KM

Semarang, Opini, (KM)- Kesadaran diri sangat dibutuhkan setiap manusia. Kesadaran berasal dari kata “sadar” yang berarti memperbaharui suatu hal yang kurang baik selama waktu yang telah berlalu.

Di era globalisasi seperti sekarang ini, banyak orang kurang memaknai tentang kesadaran akan diri sendiri yang seharusnya menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kita.

Tanpa adanya suatu kesadaran diri, bahwa saya adalah manusia yang diciptakan serupa dan secitra dengan Allah, maka semua hal yang akan dilakukan tanpa adanya kesadaran diri akan sia-sia, sebab kesadaran diri perlu ditanamkan dalam diri kita, sebagai pondasi sebelum melakukan semua hal yang lain.

Kesadaran diri mencangkup banyak hal,entah itu dari segi perjuangan, sebagai Mahasiswa, Pelajar, Aktivis, Buruh, PNS, dan sebagainya.

Yang dituntut adalah,  “bagaimana kita benar-benar sadar bahwa saya ini siapa dan tugas saya apa” , dalam menjalankan suatu hal sesuai dengan profesi dan tanggungjawab kita masing-masing yang sedang kita jalankan saat ini.

Kalau kesadaran diri kita sudah mantap, berarti kita tinggal mencintai suatu hal yang sudah menjadi tanggungjawab kita sesuai profesi kita masing-masing. 

Dalam menjalankan suatu tanggugjawab yang sudah kita dapat, perlu adanya kesetiaan untuk menjalankan tugas yang sudah kita sedang emban. 

Akhir kata, penulis sangat berharap agar kesadaran diri itu menjadi penting, untuk kita renungkan dalam diri kita masing-masing, supaya kita dapat sadar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang ada pada kita masing-masing.

Dan akhir kata mari kita menilai diri kita sendiri dari pada kita menilai kekurangan dan kelemahan dari orang lain. Salam Pembebasan !

Penulis Oleh, Yohanes M. Agapa yang sedang aktif menulis di media kabarmapega yang tinggal di kota Semarang.


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PERLU ADANYA KESADARAN DIRI ( Intropeksi Diri )