BREAKING NEWS
Search

Tolak Mako Brimob, SMPASP Gelar Aksi

Masa Aksi Tolak Pemabangunan Mako BRIMOB di Jayawijaya. (Foto : Alex Gobai/Ist/KM)
Jayapura, (KM)—Mahasiswa Papua se-kota study jayapura yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Pemuda dan Alam Semesta Papua (SMPASP) menggelar aksi, menolak secara tegas atas pembangunan Markas Komandan (MAKO) Brimob di jayawijaya.

Kordonator Lapangan, Soleman Itlay, dalam orasinya mengatakan pembangunan Mako brimob di jayawijaya adalah salah satu kepentingan yang dibangun oleh Bupati dan aparat keamanan, rakyat  yang menjadi hak ulayat tidak setuju atas hal demikian,”katanya.

“Dengan itu, kami datang kepada Dewan Perwakilan dan ingin mengatakan secara tegas, bahwa kami menolak secara tegas atas markas komando Brimob yang dibangun di jawawijaya,”kata Kordinator Lapangan, Soleman Itlay, terhadap masa aksi di halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Senin (09/03/15) kemarin.

Kata dia, pernyataan yang dikeluarkaan di media, edisi 09 februari bulan lalu yang berbunyi Mako siap dibangun di jayawijaya, kata dia, penyataan itu adalah tidak benar,”katanya.

“seharusnya, mako brimob dibangun di provinsi, bukanya di kabupaten. mengapa ingin dibangun di jayawijaya pegunungan tengah. Ada apa dibalik itu, semua,”tanyanya kepada masa aksi.

Ia menilai, pembangunan mako brimob, harusnya dibangun pada titik-titik rawan terjadi peperangan. Sebagai contoh di Israel dan Afganistan atau perbatasan. Karena menurutnya, tempat-tempat itu adalah tempat yang sangat cocok dibangun sebaga tempat keamanan,”jelasnya.

Lanjutnya, jayawijaya bukan salah satu tempat terjadi konflik dan menjadi tempat perang. Tetapi, terjadi konflik jayawijaya dan pada umumnya pegunungan tengah, dasarnya hanya minuman keras (MIRAS). “maka jangan salah paham,”tegasnya.

Ia meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), segara  duduk bersama-sama dengan Gubenur, DPRP, MRP, serta Bupati jayawijaya berbiacara atas masalah pembagunan Mako brimob di jayawijaya,”mintanya.

“kami memberikan waktu selama satu minggu, untuk menyikapi hal tersebut. Minggu depan, kami akan datang aksi besar-besar sekaligus membawa aksi yang lebeh besar lagi,”katanya.

Sebelumnya, masa aksi mulai kumpul di titik nol, merpati, lingkaran Abe, pada pukul 09.00 WIT. Dan kemudian melaksanakan orasi berslih berganti sambil menunggu masa aksi dari Uncen atas, Waena, Jayapura, Papua.

Tepat pukul 11.00 WIT, masa aksi berangkat dari titik nol menuju titik tujuan yang akan digelar aksi di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP).

Setelah melakukan, aksi di kantor DPRP, masa aksi dilanjutkan lagi, di kantor Gubernur, sama menolak dibangunnya Mako Brimob di jayawijaya, pegunungan papua.

Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Nioluen Kotouki mengatakan kami terima dan kami juga sangat menolak atas pembangunan Mako Brimob di Jayawijaya. 

Ia tambahkan, Ketua DPRP, Yonus Wonda, pada beberapa minggu lalu, juga mengatakan kepada media bahwa pembangunan mako brimob di jayawijaya, kami tolak dan pastinya tidak akan dibangun di jayawijaya,”katanya kepada masa aksi.

Sementara dari Gubernur Papua, Lukas Enember yang diwakili Sekertaris Daerah (SEKDA), Hery Dosinaen Provinsi Papua, mengatakan kehadiran kalian, bapak bangga. Karena kalian datang dengan hati yang murni, yang mana berbicara demi masalah-masalah yang terjadi di papua, khususnya di jayawijaya,”katanya.

“masalah itu kami, Pemerintaah Prov Papua, DPRP, MRP, dan Bupati jawaijaya akan duduk bersama-sama untuk membicarakan hal tersebut,”katanya. (Alexander Gobai dan Yustus Muyapa/KM)

  



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Tolak Mako Brimob, SMPASP Gelar Aksi