BREAKING NEWS
Search

Awal Panggilan Tumbuh Menjadi Jurnalis Muda Papua



Oleh: Frans Yube Pigai
 
(Foto Facebook.Frans pigai/KM)
(KM)/Opini--Keluarga merupakan awal dimana seseorang tumbuh menjadi “manusia”. Karakter, kepribadian mulai tumbuh di keluarga. Terbentuknya komunitas/keluarga dalam kehidupan karena ada dorongan dan kemauan/ keinginan yang kuat untuk membangun satu komunitas/ satu keluarga.

Keluarga merupakan harta terindah dalam kehidupan.Hanya dengan perjumpaan, tanpa harus mengatakan sesuatu, seseorang bisa merasakan keharmonisan keluarga itu sendiri. Selain itu, dalam keluarga juga akan membawa seseorang untuk menjadi “manusia” yang dikehendaki oleh Allah, untuk berjuang dalam hidupnya.

Penggilan menjadi jurnalis itu tidak langsung datang begitu saja, akan tetapi kita mencoba terlebih dahulu, lalu kita dapat mengetahuinya, bagaimana menjadi jurnalis yang super dalam cara berpikir untuk menulis berita. Maka, orang yang benar akan selalu ada pada kebenaran, jadi sesuatu yang benar jangan kita takut untuk tuangkan dalam tulisan, karena tulisan yang kita buat pasti ada bukti/ secara fakta.

Para rekan-rekan jurnalis Media Kabar Mapegaa (KM). Kita mengakses obrolan kita di sini. Tujuan dibuka media ini merupakan harus saling mengenal dan saling adanya dorongan dari sesama.

 Jika, ketika kita merasa belum memahami akan suatu hal dalam dunia tulis menulis berita secara fakta atau opini maupun puisi, bisa langsung saja kita bertanya kepada sesama media ini, agar kita memahami bagaimana cara menulis berita yang seperior, sehingga para pembaca juga bisa memahami tulisan-tulisan yang kita muat dalam media ini. Karena adanya dorongan dari sesama kita, kita anggap bahwa kita ini adalah satu komunitas atau satu keluarga yang benar-benar mempertahankan apa yang kita jalani bersama ini. Agar dengan menulis berita-berita ini, kita pun bisa maju dan membangun sebagai jurnalis-jurnalis muda papua, yang benar-benar mengakses berita secara fakta.

Komunitas yang dibangun oleh para intelektua-intelektua mudah ini  sebagai sarana utama dalam dunia tulis menulis berita secara fakta yaitu berupa media yang dinamakan dengan Media Kabar Mapegaa (KM). 

Media Kabar Mapegaa itu, akan terbentuk karena awal dimana panggilan itu tumbuh dalam para pejuang jurnalis Media KM muda papua. Sehingga keinginan terus saja membangun dalam satu komunitas yang kuat, bertujuan untuk mengakses berita-berita secara fakta maupun secara opini dan puisinya.

Kita sebagai satu keluarga jurnalis Media Kabar Mapegaa (KM), perlu juga kita jujur dalam dunia menulis ini, agar pemahaman-pemahaman kita tentang menulis berita, opini, puisi, dan media lainya, sehingga orang-orang akan terpancing membaca dan pula memahami isi berita yang kita muat itu baik dan benar terhadap para pembacanya.

Karena adanya dorongan yang kuat antara setiap kita dalam media ini, kita juga perlu memahami langka-langkah tulisan yang baik dan benar. Lalu bagaimana kepada kita anggota yang bergabung dalam media Kabar Mapegaa (KM) yang sedang aktif, agar tujuannya supaya kita bisa memahami tentang menulis lebih jauh sehingga media kita lebih terpopuler.

Oleh karena itu, keluarga/komunitas merupakan pondasi/dasar utama dalam mengembangkan potensi-potensi setiap kita terutama dalam Media Kabar Mapegaa ini, berupa pengetahuan yang kita dapatkan, kita pula bisa dituangkan dalam dunia jurnalis media yang sedang aktif ini. Agar wawasan dan cara berpikir kita akan terarah atau terbentuk menjadi seseorang yang bisa bertanggung jawab dan bisa memahami langkah-langkah dalam suatu tindakan, yang berupa cara menulis yang baik dan benar. (002/KM)

Salam Perubahan Kawan-Kawan Jurnalis Muda Papua, Kabar Mapegaa (KM). Surabaya Jumat, 03 April 2015




nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “ Awal Panggilan Tumbuh Menjadi Jurnalis Muda Papua