BREAKING NEWS
Search

“MENGENAN CERITA PEITUA TENTANG TIMOPOTU”


(Doc.Pribadi Jekson Degei.Foto Fcebook.com/KM)


Oleh :Jekson Degei

(KM)/Cerpen--Kata pengertian Timi Potu Kata Timipotuu (berasal dari bahasa suku Mee) adalah suatu kata majemuk yang terpaut dari dua kata dasar, yakni kata “Timi dan Potuu”. Masing-masing diantaranya mempunyai arti; Timi adalah nama kata benda, sedangkan Potuu adalah nama kata sifat.

Secara singkat dijelaskan pengertiannya dari kedua kata ini, adalah sebagai berikut : Timi adalah : kata benda,artinya nama pohon sejenis .Potuu adalah : kata sifat, artinya bunyi Jadi pengertiannya yakni bunyi yang ditimbulkan dari dalam pohon timi, sehingga disebut bunyi pohon timi/kayu timi- ( Timipotuu ).

 Pada masa nenek-moyang suku Mee,Timipotuu juga adalah salah satu pekerjaan/ kegiatan kaum laki-laki suku mee dalam upaya pengadaan bahan kebutuhan hidupnya. Bagian dari tubuh pohon timi yang dibutuhkan untuk menjadi bahan kebutuhan hidupnya yaitu batang, dan daunnya. Mendengarkan lalu menulis dan  mengenal kembali budaya Mee adalah kunci utama yang harus di lakukan .

Penulis adalah mahasiswa ITN Malang.jurusan Arsitektur.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on ““MENGENAN CERITA PEITUA TENTANG TIMOPOTU”