BREAKING NEWS
Search

Sekolah Dasar (SD) Inpres Tuguai Paniai “TUTUP”

Sekolah  dasar (SD) Inpres Tuguai Desa Tuguai,Kecamatan Agadide,Kabupaten Paniai/Foto; Doc Pribadi/KM
Paniai,(KM)--Sekolah Dasar (SD) Inpres Tuguai, Desa Tuguai, Kecamatan Agadide, Kabupaten Paniai telah dinyatakan tutup. SD Inpres  tidak berjalan aktivitas proses KBM (kegiatan belajar mengajar)  dilapangan berjalan tahun yang ke- 3 dari 2013 sampai dengan 2015. 

Yosafat Kadepa S.IP membenarkan adanya penutupan sekolah dasar (SD) Inpres Tuguai, mengatakan dari tahun 2013 aktivitas sekolah lumpuh total, yang juga pernah mengajar di sekolah dasar Inpres Tuguai selama 3 tahun.
Kata dia, "sejak ketidak jelasan bantuan honerer bagi kami, dari situ kami telah menarik diri dan mencari pekerjaan lainnya."

Dia pun mengaku Dana BOS pun tidak pernah kami terima sepersen pun. Selama saya mengajar bantuan dari dinas setempat pun tidak ada sama sekali.

Sekolah ini, sebelumnnya tenaga pengajar cukup komplit, Sekolah ini memiliki satu kepala sekolah (pegawai negeri sipil) ditambah dengan kami lima orang lainnya adalah guru honorer, yang berlatar belakang non Spd, dikabarkan melalui handphone selular, Selasa (8/4/ 2015). 

Para siswa – siswi dari sekolah tersebut telah transfer ke dua sekolah yayasan katolik yang terdekat yaitu SD YPPK Biamoma, Kec. Paniai Utara, dan SD YPPK Bumubado (Kogenepa) di Kec. Ekadide. 

Padahal kehadiran Sekolah Dasar Inpres ini disekolahkan bagi anak – anak yang berasal dari tiga kampung besar yaitu kampung Tuguai, Kampung Debaiye dan kampung Bumaida. 

Para warga dari tiga kampung mengelu dengan penutupan sekolah perintis ini.
Warga lain, Markus Yogi mengatakan persoalan telah lama kami melaporkan ke dinas setempat, hingga kini tidak di tanggapi serius dari pihak terkait.

Pengaduan warga “segera pemecataan kepala sekolah dan digantikan dengan kepala sekolah yang baru, akan tetapi tak ada tanda – tanda tanggapan pengaduan kami, ungkapnya. 

Thomas Gobai warga Tuguwai lain mengatakan, sekolah telah tutup, dana bos tetap salurkan ke sekolah ini. 

Dia berharap “ semoga sekolah – sekolah yang lain di Paniai tidak terjadi hal yang sama”, akan tetapi program yang baru diberlakukan di P dan K adalah menuju kehancuran pendidikan di Paniai.

Program baru yakni penerimaan honorer di sekolah–sekolah diberlakukan hanya bagi lulusan PGSD dan lulusan berlatar balakang “Spd” dari perguruan tinggi lainnya.(Marinus Gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Sekolah Dasar (SD) Inpres Tuguai Paniai “TUTUP”