BREAKING NEWS
Search

Solwarans Fiji, Gelar Aksi Membenarkan Identitas Papua Barat


Gabungan Mahasiswa dan Pemuda Pasifik Foto Bersama Usai Gelar Aksi. (Foto : Anton/Papuanus Gobai/KM)
Fiji, (KM) -- Gabungan Mahasiswa dan Pemuda Pasifik (SOLWARANS) meluncurkan Aksi Protes membenarbenarkan Papua Barat bukan Indonesia tapi Melanesia disingkat (Pasifik Nesia), Rabu, (01/04/15) tadi pagi pukul 10:30 Waktu Fiji di Depan Duta Besar Indonesia.

Melalu Aksi Regional, Kelompok ini menanggapi rencana Pemerintah Indonesia, untuk mengusulkan 5 Provinsi dari Indonesia Menjadi keanggotaan penuh dalam MSG. 

Aksi Protes ini muncul setelah ada laporan dari media baru-baru ini, yang menunjukkan niat Pemerintah Indonesia untuk memiliki lima provinsi di Indonesia menjadi anggota MSG. 

Hal ini, (PNG,red), melaporkan bahwa konsultan Pemerintah Indonesia pada MSG dan Pasifik, Franzalbert Joku dan Nick Messet menyatakan bahwa pendekatan terpadu untuk memiliki lima provinsi sebagai wakil dari Indonesia di MSG sangat didukung oleh PNG, Fiji dan Kepulauan Solomon,”katanya.

Sementara, Juru Bicara Pemuda dan Mahasiswa Melanesia (Youngsolwarans) Fiji, Tuan, Vuetasau Buatoka, Menurutnya, Papua Barat Memiliki Dukungan penuh seluruh Pasifik yang di sebut Anggota MSG bahkan Papua Barat juga telah mendapatkan dukungan Penuh Dari UK,”pungkasnya. 

“Jika ini adalah Kontra Pemerintah Indonesia terhadapa Aplikasi ULMWP, maka kami (Solwarans ) mengusulkan Kepada Para Pemimpin Melanesia untuk menolak Usulan Indonesia Sebab Indonesia (Asia) tidak Berhak mengatur Melanesia Di Pasifik,” Kata Buatoka Junior. 

Kata dia lagi, saat ini sedang mempertimbangkan undangan Perdana Menteri Peter O'Neill untuk keanggotaan penuh di Forum Kepulauan Pasifik, ketika status pengamat saat ini di MSG diwariskan oleh lima provinsi dengan status baru dan peningkatan sebagai anggota penuh,”katanya.

Dia menambahkan juga bahwa kebijakan luar negeri Indonesia saat ini sementara sangat pintar, menunjukkan amnesia dalam pembuatan kebijakan dengan mengklaim Indonesia sebagai bagian dari Melanesia untuk mengamankan kursi di meja regional,”pungkasnya.

Seorang anggota Youngsolwarans Selandia Baru, Tekura Moekaá, Protesnya yang di sampaikan kepada www.kabarmapegaa.com bahwa Pemerintah Indonesia tidak harus menggunakan komposisi badan perwakilan untuk Melanesia Indonesia sebagai taktik untuk melemahkan aplikasi ULMWP ke MSG, yang memegang aspirasi dan impian untuk Papua Barat harus bebas dan mandiri ke asalnya,”pungkasnya. 

Kata dia, Papua Barat Melanesia di Pasifik, dan Pemerintah Indonesia tidak harus menggunakan saudara-saudara Melanesia atau NESIA untuk menghalangi jalan mereka ke ruang forum regional ke MSG," kata Tekura.

"Kami sangat mendesak para pemimpin Pasifik dan seluruh NESIA untuk berdiri dalam solidaritas dan mengakui Gerakan Pembebasan Serikat untuk Papua Barat (ULMWP)," desak Tekura. 

Ia menambahkan juga, Protes ini berwibawa dan merebut kembali untuk menjadi Papua Barat yang legal. Karena Papua barata adalah bangsa Melanesia. Sumpah Solidaritas Mahasiwa dan Pemuda (Solwarans) Kami bukan Indonesia, Papua Barat Adalah Melanesia, kami berdarah Hitam dan Merah, Indo bukan Nesia, Berdiri untuk Papua Merdeka, ULMWP Anggota MSG. (Anton Gobai/Papuanus/KM)





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Solwarans Fiji, Gelar Aksi Membenarkan Identitas Papua Barat