BREAKING NEWS
Search

Tiga Kunci Membangun Papua

Fhoto Doc Pribadi.Gobay Ansel/KM.
Oleh : Gobay Anselmus

Papua merupakan tempat dimana kita  lahir dan di besarkan oleh alam raya  ciptaan Tuhan melalui fauna dan flora yang ada di Papua.

Dikatakan Negara atau Pulau yang bisa berdiri sendiri jika,pulau tersebut memiliki sumber daya yang memuaskan kepada Negara atau Bangsa lain,melalui bidang pendidikan kesehatan dan ekonomi.

Pulau Papua saat ini sangat krisis akan Sumber Daya Manusia (SDM),sehinga orang-orang asing  menguasai alam raya Papua dengan menyerang berbagai cara dari satu sisi ke sisi lain.

Berdasarkan tiga kunci  untuk membangun papua,melalui bidang Pendidikan,Ekomomi dan Kesehatan,maka sangat membutuhkan untuk meningkatkan dalam diri pribadi anak penerus generasi mudah Papua untuk mengelolah dan menghasilkan alam raya yang ada skarang ini.

jika kita tidak mempersiapkan tiga point kunci utama diatas ini maka,tidak lama kemudian alam raya Papua akan hancur dan diambil dari tangan kita.oleh sebab itu, orang-orang pencuri yang tak bertanggung jawab akan menguasai alam Papua yang bertujuan untuk memusnakan dan menghabiskan Bangsa Papua dan segala isinya,demi mencari kepentingan hidup.kata saat sambutan wisuda Agustian Tatogoo.S,pd yang mewakili Ikatan Pelajar Mahasisiwa Papua (IPMAPA), Maikel Tekege.

Bersiaplah dan berjaga-jagalah sebelum terlambat akan terjadi pemusnaan di alam papua yang sangat besar-besaran yang akan terjadi hari ini besak,maupun masa yang akan datang melalui tiga point bidang utama diatas.jika kita sudah siap tiga bidang ini penulis pikir peristiwa peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi di papua setiap menit itu,mudah untuk memecahkan dan mengambil solusi yang tepat.Oleh sebab itu maka untuk apa kita berpikir dengan orang Indonesia itu.tegasnya.

Dibidang pendidikan Papua sangant menurun kerena tenaga guru tidak ada,yang ada juga mencari uang yang lebih besar sehingga masuk ke pemerintahan sehingga setiap sekolah  pedesaan akan haus seorang guru yang mampu membimbig dan mendidik kearah jalan yang baik dan benar.Oleh sebab itu,bagi saudara-saudari yang sedang tekuni atau mengejar cita-cita menjadi seorang Guru,penulis harap semoga cepat selesai dan pulang ke pedesaan kampung halaman untuk membangun alam Papua dengan mendidik anak-anak.

Bidang kesehatan,sangat membutuhkan putra putri daerah sendiri untuk mengobati atau merawat saudara-saudari yang mengalami berbagai macam sakit penyakit karena, jika orang lain yang mengobati tak mungkin dengan keseriusan untuk mengobati dan merawat dari sakitnya.sebagaimana sudah fakta bahwa beberapa rumah sakit di papua khususnya kabupaten Paniai Papua rumah sakit Madi,dari pesanan oleh orang-orang indonesi untuk menghabiskan nyawa orang lewat titipan suster perawat dari  obat atau suntikan untuk membayar uang.tujuannya untuk menghabiskan orang papua kemudian nantinya mengambil hasil kekayaan alam secara menyeluruh di Pulau papua.

Agar tidak terjadi seperti itu maka,mari saudara-saudari dengan hormat yang mentekuni bidang ilmu kesehatan tolong memahami hal-hal seperti itu,lalu bagaimana tanah Papua untuk kedepan dan saya ini siap dan kemanakan.semoga saudara saudari yang sedang tekuni bidang ilmu kesehatan cepat selesai dan  pulang membangun masyarakat setempat dengan mengobati dan merawat seperti diri sendiri  sesuai apa yang kita dapat  saat duduk di meja pendidikan.

Bidang ekonomi,sama juga seperti bidang-bidang yang lain diatas ,tetapi untuk melengkapi maka kita harus mempertahankan budaya papua tentang pertanian peternakan dan pemburuhan sesuai sejarah dari Tete nene moyang secara genetik kepada kita.dengan perkembangan teknologi modern ini sehingga kita lupa bagaimana cara untuk berkebung memburuh dan beternak sehingga ditengan-tengan kalangan remaja papua semakin hari semakin hilang.

Bagi yang merasa anak negeri papua ras hitam kulit keriting rambut, jika mau memajuhkan alam papua dan tidak dikuasai oleh orang lain maka,pertanyaan buat buat kita semua adalah bagaimana cara untuk meningkatkan tiga kunci utama untuk membangun papua dari ketindisan orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Ingin mau majukan atau mau mundurkan ada di tangan setiap individu anak negri papua dengan cara belajar belajar dan belajar dimanapun dan kapanpun kita berada agar kebebanan kita akan mudah di pecahkan dari tantangan ini.

Semoga jangan lupa berdoa dan bekerja sambil mempraktekan dalam hidup.pasti penulis yakin apa yang kita inginkan dan apa yang kita rencanakan sangat mudah untuk mengapainya,salam perubahan.(gobai/KM)



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Tiga Kunci Membangun Papua