BREAKING NEWS
Search

PENTINGNYA MENGANGKAT IDENTITAS SUKU & BANGSA

Foto.docprib/ist
Oleh : Agus Mote

Opini,(KM)
-SUKUAN : Suatu suku bangsa mempunyai identitas atau ideologi yang luhur, di lakukan dan di jalankan  oleh Masyarakat setempat sebagai bagian dari kreatifitas  hidup turun temurun dulu, kini, kedepan tidak memungkinkan hilang  dari jejak hidupnya.

Ukaa = Busur dan Mapega = Panah adalah Bagian dari pelengkap identitas suku bangsa yang di gunakan Jaga diri seorang laki-laki dan alat berburu” 

Perlu di perjelaskannya bahwa “Suku Bangsa”adalah suatu kelompok manusia yang hidup di satu lingkungan daerahnya dengan terpenuhi identitas dan bahasanya menyatu dengan Alam langit udara, alam lingkungan tanah dan alam air lautan.

Pentingnya mengenal dirinya untuk mengangkat identitas suatu suku bangsa, sedang terkikisnya merasa terpunah dan terhilang dengan pergeseran  era transformasi global terasa menguasai di pelosok sukunya melalui pasaran promosi berbagai jaringan budaya bangsa lain.

Kini  tantangan bagi generasi terkini dan kedepan pada suku bangsanya merasa ada di lingkungannya angkat atau tidak biarkan begitu saja tanpa terkaji apa pun. Mengapa harus merasa begitu tanya kembali pada generasi Sukunya….!!!

Setiap manusia di seluruh dunia berasal dari suku bangsanya tiada satu manusia pun yang tidak meleset seharusnya di pertanggung jawabkannya atas leluhur suku bangsa sendiri. Tiada satu kata di bantah atas leluhur suku bangsanya, harus perlu di sisikan diri dengan riwayatnya. Sebab Engkau ada melalui Suku  itu dan kembali pun pada suku itu.

Namun suatu suku bangsa mempunyai identitas dan bahasa sebagai bagian dari ideologi luhur pentingnya mengkaji mengangkat sebagai bagian keahlian generasi global selanjutnya. Ketahuinya suatu suku bangsa melahirkan banyak kreatifitas hidup sebagai pelengkap identitas ideologi hidup di suku bangsanya, harus mengenal dan  mengangkat diwarisi dari dulu untuk kini dan kedepan suku bangsa sendiri.

Pentingnya mengenal siapa diri suku bangsa kita sendiri dengan bahasa ibu di sertai kreatifitas sukunya sebagai identitas pelengkap ideologi leluhur.

Kita harus melihat dan mengenal kembali ke leluhur suku  bangsa kita sendiri sebagai manusia menjadi manusia suku bangsa, manusia beradat, manusia berbudaya, dan manusia berbahasa ibu, dan manusia berideologi leluhur; mencapai manusia beridentitas suku bangsa mapan.

Salam Mengangkat.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “PENTINGNYA MENGANGKAT IDENTITAS SUKU & BANGSA