BREAKING NEWS
Search

Teknik Desalinasi : Ubah Air Laut Mejadi Air Layak Minum

Yogyakarta,(KM)- Kebutuhan air tidak terlepas dari kehidupan manusia. Dengan perkembangan teknology, Manusia mengubah air garam (air laut) menjadi air yang siap dimunum. Penelitian ini di lakukan oleh beberapa peneliti dari dari Universiata Alexandiria di Mesir. Teknik ini di namakan teknik desalinasi yang dapat menghilangkan kadar air garaa alias air laut menjadi  air layak minum.

Teknologi ini dilansir dari laman Science Alert, Penelitian ini telah dipublikasika dalam jurnal (water, science dan Teknology) ini bisa digunakan untuk menyaring partike garam besar dan kotoran lalu menguapkan, menggunakan teknik memberan sintetik.

Teknik ini dapat dilakukan di Laboratorium dan menggunakan bahan pasaran. Lebih anehnya lagi, teknologi ini bisa digunakan di  daerah yang tidak ada listrik  dan mampu menghilangkan air limbah selain mengolah air laut menjadi air minum.

Berdasarkan pengamatan para penemu “ Teknologi ini lebih baik dibandigkan dengan Reverse Osmosis. Tenologi yang saat ini digunakan di Timur Tengah dan Afrika Utara” tutur Helmu El-Zanfaly, Profesor dari Pusat Riset Mesir yang terlibat dalam Penelitian ini.

Teknologi yang ditemukan ini bisa berdampak besar bagi kehidupan sekitar 750 orang di Dunia dan khusnya di Papua bagian pantai selatan ( Kokonao dan sekitarnya) yang sering tertimpa dengan air laut. Penyabab kekurangan air minum sekitar 840.000 orang terjadi kematian setiap tahun di Dunia.

Proses gambaram umum Sistem  pengolahan Air Laut Menjadi Air Minum


Gambari diatas ini menujukkan  proses desalinasi  air laut menjadi air yang siap di minum. Untuk volume dan debit air pada proses ini tergantung  pada pengguna air; skala kecil, menega atau skala besar. Racangan mesinnya sesuai dengan kebutuhan air  yang di butuhkan pada suatu lokasi atau daerah. Dari berbagai sumber. (Kdp Agust/KM)





nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Teknik Desalinasi : Ubah Air Laut Mejadi Air Layak Minum