BREAKING NEWS
Search

Air Penyelamat Manusia Perlu Menjaga Lingkungan

(Fhoto Prib,Fransiskus M. Yogi/KM)












Oleh : Fransiskus Yogi

Opini,(KM) --- Air merupakan zat hidup. Selama ini, kita semua tidak menghargai hadirnya air di muka bumi iniPada halairlah yang menjadi pendukung hidup manusia dan Mahluk Hidup lainnya yang ada di planet Bumi. Kita masih hidup karena adanya air yang kita selalu minum, mandi, mencuci secara langsung maupun secara tidak langsung.

Kita sedang beranggapan bahwa Air yang selalu kita pakai ini akan bersih dan jernih sampai abadi. Tidak demikian, karena segala sesuatu mempunyai batas hidup atau batas normal. Termasuk air juga mempunyai batas kemurnian. Jika tidak dijaga dan dilindungi, maka akan terganggu fungsi dan struktur air.

Walaupun kita sudah mengetahui cara menjaga air agar tetap bersih, tetapi perlu diingatkan adalah sebagai berikut:
1.   Menanam pohon di pekarangan atau halaman rumah
Perlu lakukan penanaman pohon di halaman Rumah atau di pekarangan masing-masing orang,  karena pohon menyimpan air.
2.   Membuang sampah pada tempatnya
Perlu diingatkan bahwa “jangan buang sampah di sembarangan tempat terutama di parit-parit” karena sampah akan terbawa arus air ke perairan umum tempat dimana media hidup segala mahluk hidup.

Kita mendapat keselamatan hidup dari air itu terjadi melalui sistem jaringan makan oleh mahluk hidup sampai kelas besar dan akhir yaitu manusia. Air juga menjadi media transport segala unsur kehidupan.  Katanya, orang yang menjaga air adalah mereka yang turuti nasehat Tuhan dengan baik. Hal ini benar karena Tuhan membagi tugas dan tanggung jawab kepada seluruh mahluk.

Kita sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran telah ditugaskan agar menjaga, mengelola dan memanfaatkan seluruh ciptaan Tuhan secara berkelanjutan yang dapat mempertimbangkan sekarang dan kelak. Ini adalah tugas kita untuk menyelamatkan air , sementara itu tugas air juga yang selalu menyelamatkan kita.

Penulis : Mahasiswa Alumni UNIPA Manokwari  - Papua Barat


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Air Penyelamat Manusia Perlu Menjaga Lingkungan