BREAKING NEWS
Search

Jiwa Mudah Berjuanglah

Foto,Oktovinsen Kogopa



Oleh,Oktovinsen Kogopa

Opini,(KM)---Perjuangan membutuhkan semangat jiwa mudah.semangat itu membuat diri tetap berpegang pada tujuan yang dapat di kejar.tetapi hati -hati saat dalam perjuangan ada banyak tantangan hidup.seperti apa tantangan itu?? Ini dia,tantangan yang membuat jalan menjadi buntuh,rasa sakit membuat kegiatan harian macet,rasa lapar dan haus membuat diri berpikir sempit dan tidak semangat akibatnya sakit dan lemah diri.itu sajakah membuat diri tidak semangat? Tidak masih banyak dan banyak yang tak dapat di hitung oleh hitungan manusia,maka bagaimana cara unutuk berjuang.

Hidup dengan orang tua dan saudara/i lebih aman dan hidup terasa bahagia.saat saat iu jangan kita memanjah diri dengan keberadaan kita yang rasa sempurna.dibutuhkan didikan dan hidup mandiri karena kita tidak tahu nantinya keberadaan kita dimana.maka itu sangat perlu sekali belajar kemandirian.kalau tidak belajar mengenai kemandirian diri untuk menghadapi dunia,maka sangat berbahaya bagi diri untuk menghadapi kehidupan yang mendatang.

Tujuan dari belajar mandiri adalah dapat mudah untuk mengadaptasi dengan lingkungan baru nantinya.Apalagi jika saat jauh dari orang tua dan saat merantau di tanah orang.sangat berbahaya bagi diri sehingga disini di butuhkan kesiapan dan persiapan dari awal.

Kalau sudah memiliki kemadirian hidup maka mudah untuk melawan rasa sakit, lapar,haus dan berbagai kesedian lainnya.melewati berbagai susah paya yang membawa diri lebih baik lagi.

jangan kita patah semangat tetapi tetap pada tujuan sampai kita  berhasil .dalam perjuangan melewati berbagai kisah.kisah melukiskan berbagai pengalaman.berbagai pengalaman membawa diri yang kokoh,itulah perjuangan sesungguhnya.setelah melewati semua tantangan hidup akhirnya dapat  membawa pulang dengan ijazah,ilmu dan pengalaman.
 
Tetapi penulis masukkan juga bahwa apa yang kita dapat di kampus hanya 30 persen,jadi mencari ilmu di berbagai sudat agar mendapatkan apa yang di cari berlebihan.semanagt membawa kemerdekaan dalam diri maka hanya kata berjuang dn berjuang.(KM.)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Jiwa Mudah Berjuanglah