BREAKING NEWS
Search

Di Dogiyai, Lima Distrik Kamuu Nilai Pleno Panwaslu Tak Adil

Proses Seleksi Persyaratan Tim Panwaslu di Kabupaten Dogiyai, Papua. (Foto: Yan Goo/KM)

Dogiyai, (KM)---Lima Distrik lembah kamuu menilai penetapan pleno Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kabupaten Dogiyai  tidak adil, akibat Tim Panwaslu menerima peserta seleksi Panwaslu  dari kabupaten lain.

“Kami meminta kepada panitia tim seleksi Panwaslu agar menunjukan sikap yang benar dan jujur dalam proses pelaksana seleksi panwaslu itu. Jadi, tolong dirubah,”kata Nataniel Auwe, S.pd, Mg Kepada kabarmapegaa.com, Jumat, (03/06/16) melalui telepon seluler belum lama ini.

Pihaknya meminta, enam besar yang sudah terpilih harus ditetapkan. Tak perlu mengambil dari kabupaten lain.

“Keenam itu diantarnya Mapia 3 orang, Kamuu utara 1 orang, kamuu 1 orang dan kamuu selatan atau dogiyai 1 orang. Sementara,  dua orang titipan di kampung Yametadi distrik kamuu utara itu orang dari distrik Obano Kabupaten Paniai diantaranya Sanneles Pigai ,S.Ip dan Peri Degei,S.Kes, kami tak terima,”tegasnya.

Lanjutnya, kalau panitia tim seleksi Panwaslu dogiyai dari awal tidak merata berarti tim seleksi panwaslu yang mengundang atau membuka masalah dalam Pilkada di kabupaten dogiyai.

Ia menyampaikan,  terimakasih  ucapan selamat membuka masalah di Kab. Dogiyai,”ucapnya.

Sementara  itu, Salah satu peserta 14 besar yang juga mengikuti seleksi Panwaslu di Kab. Dogiyai, Yohanes Kamo,S.Ip, membenarkan ketidakadilan yang sudah dilakukan dari panitia tim seleksi.

“Seharusnya dari awal admintrasi KTP dan Kartu Keluarga yang di skent  harus diseleksi dengan baik-baik. Supaya, tidak mengundang masalah,”bebernya. 

Lanjutnya, “Perlu diproses karena dua orang yang lulus di luar dari kabupaten dogiyai,”ungkapnya. 

Selain itu, Kepala suku kamuu selatan Natalis Yobe, menyatakan, “kami rakyat lembah kamuu di dogiyai menolak tegas hasil penetapan 6 besar seleksi panwaslu di kabupaten beberapa hari lalu. Karena dua orang yang berasal dari obano.

“Padahal kami punya anak saja banyak yang ngganggur. Maka, tim seleksi segera pertimbangkan kedua orang itu. Kalau tidak, kami rakyat dogiyai akan demo besar-besaran dalam minggu depan,” kata Yobee. 

Sementara itu,  Sekertaris tim seleksi Panwaslu Kabupaten Dogiyai Pdt.Obeth Magai S.Th mengatakan, “kami sepakati wilayah mapia 3 orang dan wilayah kamuu tiga orang. Dan yang jelas kami akan plenokan penetapan 6 besar itu. 

“Calon panwaslu kabupaten dogiyai lalu kita bagi wilayah. Mapia menentukan ketua tim seleksi panwaslu dogiyai dan di distrik lainnya juga begitu. Maka, tiga orang bagi rata. Lima distrik wilayah mapia,”kata Obet.

Untuk lembah kamuu kata dia, ketua tim seleksi panwaslu dogiyai sudah mencabut seleksi panwaslu atas nama Sanneles Pigai dan Peri Degai dari distrik obano kabupaten paniai,”ungkapnya.

Pewarta     : Yan Yuiya Goo

Editor         : Alaxander Gobai



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


1 thought on “Di Dogiyai, Lima Distrik Kamuu Nilai Pleno Panwaslu Tak Adil

    1. harus dipertegas, kita punya daerah, kita harus pimpin sendiri.

      ReplyDelete