BREAKING NEWS
Search

Erson Wenda: Wakil Ketua Sinode Kingmi Secara Resmi Di Tutup Retreat DPP Sinode Papua

Tuan Rumah Kordinator Puncak Papua membuka pujian saat pembukaan ret-reat di Graha Gedung Emene Yaware, (Foto: Dok/KM)
Timika, (KM)---  Kegiatan Ret-reat Departemen Pelayanan Perempuan (DPP) Gereja Kemah Injil (Kingmi) Sinode Papua, secara resmi ditutup oleh Pdt. Erson Wenda S. Th. Selaku wakil ketua Sinode Kingmi.

Kegiatan tersebut, telah berlangsung sejak Senin, 24 Oktober 2016 sampai dengan jumat 28 Oktober 2016, dengan peserta 5.0000 orang tidak termasuk tuan rumah (Panitia) bertempat di Graha Gedung Eme Neme Yauware Timika Indah. Jln. Blibis.

Hari pertama 24 oktober 2016 pembukaan ret-reat di buka secara resmi oleh ketua Sinode Gereja Kingmi di Tanah Papua, oleh  Pdt. Dr. Benny Giyai Ph.D. dan Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng SE.


Sejak awal retreat sepuluh ceramah tentang pembinaan rohami dan ketrampilan kaum perempuan papua. ceramah tersebut  di bawahkan oleh sepuluh pemateri yaitu: 

Ceramah Pertama : Ketua PKK Provinsi Papua. Ibu Yulce Enembe S.H. tentang Pengembangan Potensi Diri Perempuan Papua. Ceramah kedua: Pdt.Dr Benny Giyai. (selaku Ketua Sinode Kingmi Papua ) Perang Kaum Perempuan KINGMI di Tanah Papua Mengawal Semangat PI Parah Perintis Gereja Kingmi.


Ceramah ketiga : Ibu Betty Ibo. S.IP ( PT Preeport Indonesia) Kekerasan Dalam Rumah Tanggah.  Ceramah Keempat : Pdt Ruth. M. Adii BRE.S.MG. ( Ketua DPP KINGMI) Tugas-tugas Kaum Perempuan Dalam Pelayanan. Ceramah ke Lima : Ibu Cristian Nawipa.MEM ( Dosen STT WP Jayapura) Rumah Tangga Kristen. 

Ceramah Keenam : Ny. Januaria G. Kayame . S.Pd ( ketua PKK Kab Paniai ) Perempuan Dalam Keluarga dan Ibu Robe Waninbo. S.Pd ( Ketua DPP GIDI) Tidak Ada Masa Depan Tanpa Pengampunan.

Ketujuh : Ibu Ani Fonataba. SE ( Dosen Uncen ) Peningkatan Ekonomi Keluarga. Ceramah kedelapan : Ev Dorce Samoan. S.Th ( Sekretaris DPP Kingmi ) Kecantikan dan Penampilan Perempuan. Ceramah kesembilan : Ibu Elpina K. Wandik ( Ketua PKK Kab Puncak ) Kesehatan Ibu dan Anak. Dan Ceramah Kesepuluh : Ibu Nella Omaleng ( Ketua PKK Kab Mimika) Keterempilan Wanita.

Perlombahan antara lain. 1. Afalan ayat. 2. Cerdas Cermat.3. paduan Suara dan pertandingan Bola Volly. Hari kedua pameran di halamann Gedung Eme Neme Yau ware, seperti Noken asli papua dan modern, hasil rejutan mama-mama, Gram Asli papua dari Intan Jaya, Ramuan obat Gigi, dari Dogiyai, Bungga dari mamta, Madu asli dan Buah Merah dari Jayawijaya, Buku tulisan Almahum Geradus Adii. M.Div, Cawan/Moge dan lain-lain.


Selama kegiatan komsumsi bakar batu Babi/wam 250 ekor. 20 ekor babi di sumbangkan oleh Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE. 10 ekor babi di sumbangkan oleh ketua DPRD Kab Mimika Elminus Mom, SE plus Bama 1 Gudang.

Sponsor dana dalam kegiatan retreat Akbar tersebut. Bupati Puncak Papua membantu Rp. 2 Milliar rupiah. Bupati kabupaten Mimika Rp 2 Milliar, Bupati Paniai Rp 150 juta rupiah dan Ibu Bupati Puncak papua Rp 100 juta rupiah belum termasuk bama.

"Bupati Puncak Papua menyampaikan dalam sambutanya tiket untuk pulang parah peserta ke koordinator masing-masing beliau akan tanggung,"katanya.

Ibu Dorce Wanimbo S.Pd (selaku ketua DPP GIDI ), saat temui kabarmapegaa.com, jumat, (28/10/2016) Kami Badan Pengurus GIDI menyampaikan penghargaan kepada Tuhan Yesus kepala Gereja KINGMI Papua, kepala Gereja-Gereja yang ada di tanah papua dan saya bersama dengan ribuan perempuan kingmi di Timika dalam rangka retreat DPP.


"Saya merasa iman saya di kuatkan, saya merasa melihat mama-mama yang luar biasa, ingin memberikan kekuatan kepada saya untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang Yesus percayakan,"ucap Dorce.

"Lanjut Ibu Dorce, Terima kasih kepada tuan rumah Puncak Papua dan Jamuan makan kami bersamanya adalah bukti dari kasih Tuhan,"dengan tuturkan air mata.

Tempat yang sama, Pdt Ruth. M. Adii BRE.S.MG. ( Ketua DPP Kingmi) mengatakan luar biasa persiapan dan kesiapan dari Mama-mama Gereja Kingmi koordinator puncak Papua, kerja sama yang luar biasa kami perempuan papua bangkit dan tingkatkan mama-mama papua menuju era Globalisasi.


Retreat pemberdayaan perempuan ini merupakan moment yang tepat dimana kaum perempuan Kingmi di tanah Papua telah mengasingkan segala kesibuhkan untuk bekali dengan berbagai kegiatan rohani seperti ibadah penyegaran, Ibadah Pagi, pembinaan-pembinaan melalui ceramah –ceramah, serta perlombahan-perlombahan melalui berbagai keterampilan.

(Baca ini: Koordinator Cendrawasih Juara Umum Retreat Departemen Perempuan Di Timika)

Maka retreat memberikan Thema: “ BERUBAH UNTUK MENJADI KUAT ”Sub Thema: Melalui Retreat Akbar Pelayanan Perempuan Gereja KINGMI Kwalitas Pelayanan Iman, pelayanan talenta, agar pribadi keluarga serta, berubah, Mandiri dan Sejatra di era Globalisasi.

(Baca:  Refeksi Dan Ucapan Terima Kasih Persiapan Ret-Reat Departemen Perempuan Gereja Kingmi Di Tanah Papua)

Acara akbar retreat penutupan di akhiri dengan bakar batu babi 108 ekor di lapangan Timika indah penuhi dengan lautan manusia umat kingmi di tanah papua. Babi di bagi sesuai dengan koordinator masing-masing.


Penentuan menjadi tuan rumah Retreat lima tahun kedepan, Badan Pengurus pusat. Departemen Pemberdayaan Perempuan Gereja Kingmi Papua memberikan SK kepada Koordinator Dogiyai, kegiatan yang sama akan gelar tahun 2021.


(Baca ini: Ibu Betty Kobepa: Retret Biro Perempuan GKIP Siap Gelar Di Timika)


Malam pukul 19.00 Retreat di tutup secara resmi oleh Wakil ketua sinode Gereja Kemah Injil Kingmi di tanah Papua, Pdt Erson Wenda. S.Th, dengan renungan singkat.


Pewarta : Melsedik U Yogi
Editor: Andy Ogobay



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Erson Wenda: Wakil Ketua Sinode Kingmi Secara Resmi Di Tutup Retreat DPP Sinode Papua