BREAKING NEWS
Search

Arti Kejujuran Bagiku


Yogyakarta, Suara-Agadide-- Jujur adalah sebuah kata yang telah dikenal oleh hampir semua orang. Bagi yang telah mengenal kata jujur mungkin sudah tahu apa itu arti atau makna dari kata jujur tersebut. Namun, masih banyak orang/man yang tidak tahu sama sekali, dan ada juga yang hanya tahu maknanya secara samar-samar. Berikut! saya akan mencoba memberikan pemahaman sebatas kemamampu saya tentang makna dari kata jujur ini.
Kata jujur adalah kata yang digunakan untuk menyatakan sikap seseorang. Bila seseorang berhadapan dengan suatu atau fenomena maka, seseorang itu akan memperoleh  gambaran tentang  sesuatu atau fenomena tersebut. Bila seseorang  itu  menceritakan informasi tentang  gambaran  tersebut kepada orang lain tanpa ada “perubahan” (sesuai dengan realitasnya ). Maka, sikap seperti itulah yang disebut dengan jujur.
Dengan demikian, kejujuran tidak bisa di samakan dengan ke-egoisan diri sendiri. Akan tetapi, kejujuran itu berdiri dan terletak pada diri pribadi. Hal ini merupakan sesuatu yang timbul dari dalam diri batin pribadi. Dimana kejujuran ini, terlihat bila kita disiplin dalam segala hal. Baik dalam aktivitas maupun yang lain-lain. Salah satu contoh “ketika saya dan Anda berjalan di sebuah Mall yang kira-kira 10 lantai yang lebih tinggi dari jogja tronik yang terdapat di kota jogja. Disana saya melakukan tawar-menawaran dengan para penjual. Ketika saya melakukan penawaran dan dalam itu, saya melakukan pembohongan, otomatis saya sudah melanggar yang namanya kejujuran. Sedangkan, ketika saya melakukan penawaran dengan baik, sesuai dengan prosedur yang ada, maka saya sudah jujur pada diri saya sendiri dan kepada penjual”.
Arti, dari hal ini bahwa kebanyakan orang tidak selalu melakukan hal yang baik. Pasti ada yang melakukan lawanya dari kebaikan dan kejujuran. Maka, demi melakukan kejujuran, baik kepada orang lain maupun kepada diri sendiri, juga kadang-kadang orang susah melakukannya. Dan pastinya,  salah satu jalan untuk menyembunyikan  kebenaran ialah melakukan “kemunafikan”.
Meskipun kejujuran adalah mengejar sesuatu hal yang baik dan benar. Tetapi Kejujuran juga bisa menjadi lawan dari kejujuran, yakni kemunafikan.  Memang benar! Sebab, kebanaran lebih dominan kepada orang yang lebih memilih kemunafikan diri, pada kebenaran dan kejujuran. Ini merupakan salah satu pengertian yang tidak baik. Maka, kejujuran ini sangat identik dengan kemunafikan. Karena, dilihat dari sisi lain, bahwa adanya kemunafikan juga akan tercipta kejujuran dalam versi negatif. Orang selalu mengejar pada sesuatu yang baik. Namun, juga kebanyakan orang tidak selalu melakukan sesuatu yang baik. Malah mereka selalu mengejar sesuatu yang buruk.
Maka manfaat kejujuran ialah masa depan anda dan saya bahkan kita semua. Artinya ketika terjadi kejujuran pada diri kita sendiri maka, telah tercipta hidup kita yang baik pada kehidupan kita. Jangan mempermainkan kejujuran pada diri sendiri. Tetapi, gunakan kejujuran bagiakan kebutuhan sehari-hari anda. Kejujuran bagi saya tidak terlalu. Nampak dalam diri saya. Sebab, dalam hidup saya ini, carang sekali saya melakukan kejujuran. Malah yang paling dominan dalam hidup saya ialah kemunafikan. Ketika saya melakukan kejujuran, itu timbul karena ego saya sendiri. Untuk meyakini bahwa saya ini orang paling benar. Tetapi, itu bukan menjadi masalah bagi saya. Akan tetapi, saya selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik pada diri saya maupun kepada sesama. Akan hal ini, saya takuti dan segani. Karena saya susah untuk mengatasinya.
Kini ku sadari bahwa kujujuran merupakan sesuatu untuk kelak. Artinya, ketika saya dan anda sekalian, melakukan kejujuran pada diri sendiri. Tentunya, akan membawa kebiasaan itu pada kehidupan masa depan saya. Ini yang harus dbutuhkan pengorbanan. Ketika ada pengorbanan berarti juga ada yang namanya kesetiaaan dalam pribadi. Hal ini, sangat baik sekali. Maka, jadikanlah kejujuran Anda dan saya menjadi, sahabat seumur hidup. Kamu pasti bisa melakukan kejujuran baik untuk hidup sekarang dan untuk masa depan. (Alexander Gobai/SA)


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Arti Kejujuran Bagiku