BREAKING NEWS
Search

Warga Enarotali Paniai Krisis Air Bersih

Masyarakat paniai (Jubi/Levi)

Paniai, Suara, Agadide (31/10)—Warga yang bermukim di Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua krisis air bersih. Krisis ini mendera warga usai banjir bandang yang menerpa kawasan itu pada Senin (22/10) lalu. Banjir ini mengakibatkan hancurnya bak penampung air di hulu Kali Enaro, saat banjir datang menerjang kawasan itu.
Dokter Tim Peduli Bencana Banjir Bandang, Laswan Siallagan mengatakan, minimnya ketersediaan air bersih bakal mengundang berbagai penyakit yang mengancam masyarakat. “Untuk mencegah peningkatan kasus ada hal yang penting yaitu penyediaan air bersih untuk masyarakat. Karena, air bersih merupakan salah satu komponen yang paling penting, supaya tidak terkena diare mereka harus konsumsi air bersih,” kata Laswan ke tabloidjubi.com, Rabu (31/10).
Penyediaan air bersih bagi masyarakat harus diupayakan secepatnya. Pasalnya, jika tak ada upaya, maka warga berpeluang terkena penyakit kulit dan jenis penyakit lainnya. Pasalnya, air yang digunakan kotor. “Mereka mudah terkena penyakit kalau mandi dan konsumsi,” ujarnya.
Saat ini kebanyakan warga Enarotali mengkonsumsi air hujan. Air hujan digunakan untuk mandi. Selain air hujan, warga memanfaatkan kali dan danau. Nataniel Kadepa, Warga Enarotali Paniai mengatakan, sudah lima bulan mereka tak mengkonsumsi air bersih. Hal ini disebabkan pipa yang menghubungan air ke rumah mereka masing-masing macet. (Jubi/Musa)

Sumber : tabloidjubi



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Warga Enarotali Paniai Krisis Air Bersih