BREAKING NEWS
Search

Ada Korelasi Politik, Korupsi dengan Peredaran Senpi di Papua


Johnson Panjaitan.

JAYAPUPRA—Terkait temuan sejumlah senjata api, amunisi dan bahan peledak beberapa waktu terakhir di Papua, diduga kuat ada
kolerasinya dengan eskalasi politik serta kasus korupsi yang terjadi di Papua.
“Ada korelasi atau keterkaitan antara kasus korupsi, situasi Politik dan peredaran senpi serta bahan peledak di Papua. Variabel keterkaitan korupsi dengan politik kekuasaan semakin erat dengan agenda Pemilukada yang akan berlangsung awal tahun 2013,”ujar Johnson Panjaitan Sekjen Asosiasi Advokasi Indonesia dan penasehat Indonesia Police Wacth saat ditemui, Selasa (6/11) kemarin di Jayapura.
Alasan adanya kor
elasi kasus korupsi dengan eskalasi politik, karena partai membutuhkan dana yang sangat besar untuk mengikuti agenda Pemilukada Gubernur.
“Semua partai akan menghabiskan banyak dana untuk Pemilihan gubernur,  dan dana itu biasanya bukan diambil dari anggota, melainkan dari oknum  para setan, yang dananya dari  hasil korupsi yang saat ini semakin dipertontonkan secara terbuka,”ujar Johnson.
Untuk Papua, dimana kasus korupsi sangat merajalela, jika diungkap akan ada teror dan tekanan politik. “Bahkan, kekuatan senjata dan bahan peledak bisa digunakan,”tandasnya.
Johnson Panjaitan mengklaim memiliki pengalaman di hampir semua daerah konflik di Indonesia. Dan ia menganggap kondisi Papua saat ini tidak berbeda jauh dengan kondisi Timor-timur sekitar  tahun 1990.
“Kondisi Papua nggak beda dengan Timtim tahun 90an, korupsinya tinggi dan uangnya dipakai untuk beli senjata dan bahan peledak, yang memicu terjadinya konstelasi politik  yang sangat hebat, dan kalau kondisinya sudah seperti itu, bukan hanya masyarakat yang terancam tapi juga jurnalis,”paparnya.
Sangat jelas korelasi peredaran senjata api dan bahan peledak dengan korupsi di Papua. “Dari penelitian saya, proses itu transaksional, karena ada beberapa titik yang membeli senjata hampir sama dengan Aceh dan Poso, meski untuk Papua  tingkat perakitannya masih belum canggih seperti beberapa daerah lainnya itu, tapi untuk bahan baku jelas sama,” terangnya.
Kondisi ini  menjadikan Polisi memiliki tugas berat untuk mengungkap semuanya.  “Dengan Kapolda Papua yang  baru,  diharapkan bisa lakukan yang terbaik,  Tapi ingat, harus benar-benar tegas dan sesuai aturan,” ujar Jhonson Panjaitan. (jir/achi/lo1)

Sumber :Bintangpapua


TAG

nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Ada Korelasi Politik, Korupsi dengan Peredaran Senpi di Papua